DomestikHighlightHot NewsNews

Tol Udara, Tekan Biaya Logistik di Pegunungan Papua

Infopenerbangan.com, Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan ke Ilaga, Kabupaten Puncak Papua, Kamis (22/9/2016). Tahun ini Kementerian Perhubungan RI, telah mencanangkan tol udara yang akan menekan biaya logistik di wilayah pegunungan di Papua. Maka dari itu, Kemenhub sedang mengkaji subsidi khusus untuk wilayah Papua, sehingga dimungkinkan adanya tambahan pesawat terbang untuk daerah-daerah terpencil.

“Prinsipnya pemerintah akan men-support konektivitas dan menekan mahalnya biaya logistik di papua,” kata Budi Karya Sumadi, didampingi Dirjen Perhubungan Udara, Suprasetyo saat berkunjung ke Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

Menhub tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika dan sempat melakukan peninjauan di bandara tersebut, kemudian bertolak menuju Ilaga di Kabupaten Puncak. Setibanya di Ilaga, Menhub disambut oleh Bupati Puncak, Willem Wandik dan bersama warganya memberikan sambutan dengan menampilkan prosesi tarian adat di Papua.

Pada kesempatan itu pula, Budi menyatakan Kemhub juga memberikan izin untuk pengoperasian pesawat yang dibeli oleh Pemda Kabupaten Puncak, guna menunjang transportasi penumpang dan barang di kawasan pegunungan Papua, yang pada gilirannya akan dapat mendukung pengembangan pariwisata di Papua. Sedangkan untuk menunjang infrastruktur, pihaknya akan menambah panjang runway. Upaya tersebut diharapkan dapat mendorong kemajuan pariwisata di Kabupaten Puncak dan wilayah Papua pada umumnya, sekaligus untuk mensejahterakan rakyat.

Menurutnya, harga bahan-bahan kebutuhan masyarakat Papua akan lebih murah jika distribusi lebih merata dan tidak bertumpu pada kota-kota besar di wilayah timur Indonesia saja. (fd)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close