News

UTILITAS SLOT TIME PENERBANGAN DI BANDARA AP II MENINGKAT HINGGA 87%

InfoPenerbangan,- Memasuki Kuartal III-2023 lalu lintas penerbangan di bandara kelolaan PT Angkasa Pura II (Persero) semakin sibuk berdasarkan data utilisasi slot time penerbangan. 

Slot time penerbangan adalah ketersediaan waktu terbang di bandara untuk keberangkatan dan kedatangan. Jumlah slot time (slot plan) di setiap bandara berbeda karena menyesuaikan kapasitas dan fasilitas di masing-masing bandara.

Pemanfaatan slot time yang tertinggi di periode pemulihan pascapandemi ini salah satunya dapat dilihat pada 7 Juli 2023. Pada 7 Juli 2023 tersedia 1.978 slot time di 20 bandara AP II, dan yang digunakan oleh maskapai mencapai 1.716 slot time sehingga utilisasi slot time di bandara AP II pada tanggal itu mencapai 87%. 

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, utilisasi slot time di bandara AP II meningkat sejak awal tahun ini. Hingga 7 Juli 2023, utilisasi slot time di bandara AP II mencapai 87% atau sudah melampaui rata-rata tahun lalu sekitar 70%. 

“Ini tentunya menjadi kabar baik karena menandakan periode pemulihan lalu lintas penerbangan di bandara-bandara AP II pascapandemi berada di jalur yang tepat,” ujar dia dalam siaran pers di situs Angkasa Pura II, Minggu (9/7). 

Peningkatan utilisasi slot time ini pun diakui sebagai hasil dari koordinasi yang erat antara AP II dan maskapai serta stakeholder lainnya dalam menangkap peluang di tengah tumbuhnya permintaan angkutan penerbangan. 

Adapun tiga bandara yang mencetak utilisasi slot time penerbangan tertinggi pada 1 – 6 Juli 2023 adalah Bandara Silangit (Tapanuli Utara), Bandara Depati Amir (Pangkalpinang), dan Bandara Fatmawati Soekarno (Bengkulu) yang masing-masing mencetak utilisasi slot time hingga 100%. Utilisasi di Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang) juga cukup tinggi yakni 93%. 

“Lalu lintas penerbangan semakin bergairah di bandara-bandara AP II, mengingat rute-rute penerbangan kembali di buka di sejumlah bandara. Dari data bisa dilihat bahwa slot time yang ada di Bandara Silangit, Bandara Depati Amir, dan Bandara Fatmawati Soekarno sudah dimanfaatkan semua oleh maskapai,” ungkap Awaluddin. 

Sejalan dengan terus tumbuhnya utilisasi slot time, AP II semakin optimistis target pergerakan penumpang pesawat di 20 bandara pada 2023 secara kumulatif dapat mencapai 76,65 juta orang atau lebih tinggi dari target awal yakni 73 juta penumpang. 

Pada Semester I-2023 jumlah penumpang di bandara AP II mencapai sekitar 38 juta orang yang mencerminkan tingkat pemulihan (recovery rate) sebesar 85% dari Semester I-2019 atau saat belum ada pandemi Covid-19. 

Recovert rate di bandara AP II pada Semester I-2023 sebesar 85% ini telah melampaui proyeksi International Air Transport Association (IATA) yang menyebutkan recovery rate jumlah penumpang di Asia Pasifik pada sepanjang 2023 berada di level 84%, serta Airport Council International (ACI) yang menyatakan recovery rate di Asia Pasifik sepanjang 2023 sekitar 80%. 

Recovery Rate di bandara AP II secara kumulatif pada Januari-Juni 2023 sudah melampaui target IATA dan ACI sepanjang 2023 untuk Asia Pasifik,” kata Awaluddin. 

AP II optimistis utilisasi slot time penerbangan dan recovery rate jumlah penumpang di bandara-bandara yang dikelola perseroan akan semakin meningkat hingga akhir 2023, didorong pertumbuhan rute domestik. 

Maka dari itu, AP II terus berkoordinasi dengan maskapai dan seluruh stakeholder untuk dapat menangkap peluang yang ada. Perusahaan pelat merah ini berkomitmen untuk selalu memperkuat konektivitas penerbangan nasional. 

Lantas, pada 2024 nanti AP II optimistis jumlah penumpang pesawat di bandara yang dikelola dapat menyamai 2019 saat belum ada pandemi. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close