DomestikHighlight

Wow..Di Bali Utara Akan Ada Bandara Mengapung

Pengembangan dan pembangunan bandar udara di suatu daerah memang terus bertumbuh, hal itu seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna jasa transportasi udara di Indonesia.

Bandara Internasional Buleleng (BIB) di utara Bali direncanakan akan dibangun mengapung di atas perairan pesisir Desa/Kecamatan Kubutambahan, Buleleng, Bali.

Hal ini terungkap ketika investor asal Kanada mempresentasikan rencana pembangunan bandara di Kantor Bupati Buleleng, Rabu (20/5/2015) seperti dilansir tribunnews.com.

Perwakilan investor, I Made Mangku menerangkan, pembangunan bandara akan dilakukan dengan mereklamasi perairan seluas 1.400 hektar.

Seperti yang diwartakan, bahwa rencananya Bandar udara ini akan terdiri dari dua landasan pacu. Sementara jarak antara bibir pantai dengan lokasi bandara sepanjang 125 meter yang akan dibangun jembatan untuk menghubungkannya.

“Rencana pembangunan bandara koordinatnya ada di Kubutambahan. Itu memang akan direklamasi. Tapi kami tidak mengurugnya, karena kami akan menggunakan vloting dengan menggunakan tiang pancang beton. Pekiraannya sekitar 19 sampai 20 juta meter kubik, yang akan kami gunakan. Bandara ini adalah bandara mengapung bentuknya nanti. Daratnya akan kami gunakan 100 hektare untuk line diluarnya, ini sudah kami rancang,” ujarnya.
Sementara itu, biaya yang dibutuhkan untuk membangun bandara itu mencapai Rp 30 triliun. Pihaknya mengaku telah menyiapkan 80 persen dari total biaya pembangunan bandara.(*)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close