Ragam

YIA Akan Layani 13 Penerbangan Tambahan Saat Lebaran

Infopenerbangan.com – Yogyakarta Internasional Airport (YIA), Kulonprogo, DIY, pada arus mudik dan arus balik Lebaran 2019 akan melayani penerbangan tambahan. Penerbangan tambahan dari dan ke Yogyakarta dibagi menjadi dua bandara, yakni Bandara Adisucipto dan YIA.

Rencananya, akan ada 22 penerbangan tambahan saat Lebaran yang disiapkan di Yogyakarta. Sebanyak 13 penerbangan tambahan direncanakan akan diarahkan ke Bandara YIA. Sedangkan 9 penerbangan tambahan diarahkan ke Bandara Adisucipto.

Dikatakan General Manager PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Internasional Adisutjipto, Agus Pandu Purnama, jika pihaknya sudah mengumpulkan pihak maskapai untuk persiapan arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

Dari sejumlah maskapai yang ada, 4 di antaranya mengajukan tambahan penerbangan. Maskapai yang mengajukan penerbangan tambahan itu yakni AirAsia, Lion Air, Sriwijaya Air dan Express Air.

“Sesuai dengan imbauan Menteri Perhubungan, bahwa extra flight kita diarahkan ke YIA. Ada empat yang mengajukan tambahan penerbangan, ada yang mengusulkan pagi sampai sore bahkan malam,” ujar Agus Pandu.

Lebih lanjut Pandu mengatakan ada pembagian jadwal penerbangan antara Bandara Adisucipto dan YIA. Alasannya, jam operasional YIA belum beroperasi secara penuh. Operasional di YIA mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB, sehingga penerbangan malam tetap akan diarahkan ke Bandara Adisucipto.

“Yang penerbangan malam tetap di Adisutjipto. Kami di Adisutjipto susah siap menampung. Sedangkan untuk di YIA juga sudah siap semua, baik dari ruangan, SDM, maupun angkutan darat pendukung seperti DAMRI berjumlah 12, Suttle Bus 15, 20 unit taksi berargo, maupun kereta,” katanya.

Sejumlah maskapai akan menambah frekuensi penerbangan regular di YIA. Ada dua maskapai yang akan meramaikan YIA, yakni Batik Air yang terbang perdana 29 Mei dan Citilink yang menambah jadwal penerbangan pada 26 Mei.

Menurut Pandu, Batik Air akan membuka penerbangan ke tiga tujuan dari dan menuju YIA, yaitu Cengkareng (Soekarno-Hatta), Palangkaraya, dan Samarinda.

Sedangkan Citilink akan menambah rute Cengkareng-YIA pp pada 26 Mei tersebut. Sebelumnya Citilink menjadi maskapai perdana terbang dengan rute YIA-Halim Perdanakusuma pada 6 Mei lalu.

Selain itu, pada arus mudik dan arus balik Lebaran 2019, Bandara Adisutjipto dan YIA juga akan membuka posko Lebaran selama 16 hari, mulai tanggal 29 Mei hingga 13 Juni 2019, atau H-7 sampai dengan H+8 lebaran.

Di Bandara Adisutjipto posko akan ditempatkan di Terminal A dan B. Sedangkan di YIA posko akan ditempatkan di lobby keberangkatan domestik.

“Untuk pelaksanaan posko terpadu ini tentunya akan melibatkan beberapa instansi, seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan, POM AU, Hanlan, Intel, Detasemen Hanud 474 Paskhas, Basarnas, Sabhara, Polantas dan Satuan Radar 215 Congot,” pungkas Pandu. (*)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close