InternasionalNews

10 MASKAPAI PENERBANGAN TEPAT WAKTU SE-ASIA PASIFIK

InfoPenerbangan,- Maskapai penerbangan di seluruh dunia berlomba untuk menjadi yang paling tepat waktu. Perusahaan analisis penerbangan Cirium mengumumkan 10 maskapai penerbangan paling tepat waktu se-Asia Pasifik di bulan Mei 2021.

Itu berdasarkan Laporan Kinerja Tepat Waktu bulanan pertama sejak Februari 2020 buatan perusahaan analitik penerbangan Cirium. Daftar ini dirilis dengan maksud menghidupkan kembali industri penerbangan dunia.

Hasil analisis mereka untuk wilayah Asia Pasifik dibagi dua kategori, yaitu Mainline (jalur utama) dan Network (jaringan).

Adapun, Mainline merupakan sistem penerbangan yang dioperasikan maskapai besar (major airlines) dan tidak termasuk mitra maskapai penerbangan.

Sedangkan, Network adalah sistem penerbangan yang dijalani maskapai besar, termasuk penerbangan yang dipasarkan oleh maskapai tapi dioperasikan oleh mitra maskapai terpisah.

Kategori Mainline

Di kategori Mainline, maskapai penerbangan Japan Airlines (JAL) menduduki peringkat pertama dengan persentase ketepatan waktu kedatangan sebesar 95,19 persen.

Dengan total 8.177 penerbangan, rata-rata waktu penundaan keberangkatan pesawat (delay) JAL adalah 32 menit. Di peringkat kedua ada All Nippon Airways (ANA) dengan persentase ketepatan waktu kedatangan 94,60 persen.

Sementara maskapai penerbangan asal Selandia Baru, Air New Zealand, berada di peringkat ketiga dengan persentase 89,59 persen. Maskapai tersebut juga melayani total penerbangan terbanyak dalam daftar, yaitu 12.570 penerbangan

Selanjutnya, maskapai penerbangan Garuda Indonesia menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia dalam daftar 10 besar tersebut.

Adapun persentase ketepatan waktu kedatangan Garuda Indonesia adalah 87,98 persen. Total penerbangannya adalah 3.916 penerbangan.

Rata-rata waktu delay Garuda Indonesia sama dengan Air New Zealand, yaitu 28 menit.

Berikut daftar lengkap 10 maskapai penerbangan paling tepat waktu se-Asia Pasifik bulan Mei 2021, berdasarkan kategori Mainline:

  1. JAL
  2. ANA Air
  3. New Zealand
  4. Garuda Indonesia
  5. Korean Air
  6. Jeju Air
  7. Qantas
  8. Virgin Australia
  9. Kunming Airlines
  10. Chengdu Airlin

Kategori Network

Jika dibandingkan dengan kategori Mainline, perubahan di kategori Network tidak terlalu banyak terjadi.

Dalam kategori Network, posisi teratas direbut oleh ANA dengan persentase ketepatan waktu kedatangan 95,22 persen. Rata-rata waktu delay maskapai tersebut adalah 18 menit.

Penjualan Tiket Garuda Indonesia Turun 40 Persen Sementara, JAL turun ke posisi kedua dengan persentase 93,90 persen dan rata-rata waktu delay 29 menit.

Menariknya, Garuda Indonesia tetap bertahan di posisi keempat dengan persentase ketepatan waktu kedatangan 87,98 persen.

Rata-rata waktu delay-nya juga sama, yaitu 28 menit.

Berikut daftar 10 maskapai penerbangan paling tepat waktu se-Asia Pasifik bulan Mei 2021, menurut kategori Network:

  1. ANA
  2. JAL Air
  3. New Zealand
  4. Garuda Indonesia
  5. Korean Air
  6. Jeju Air
  7. Virgin Australia
  8. Qantas
  9. Kunming Airlines
  10. Chengdu Airlines

Sempat terhenti tahun 2020 Selama lebih dari satu dekade, Cirium telah rutin mengeluarkan laporan tentang ketepatan waktu maskapai penerbangan dan bandar udara.

Namun, laporan tersebut terhenti sementara pada awal tahun 2020 akibat pandemi Covid-19 yang juga melumpuhkan sektor penerbangan.

Data yang menjadi bahan analisis laporan tersebut berasal dari Cirium Core. Adapun, Cirium Core menyimpan lebih dari 300 terabyte informasi yang berasal dari lebih dari 2.000 sumber data. (*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close