Ragam

10 TIPS MENGEMAS BARANG BAWAAN

TIPS MENGEMAS BARANG BAWAAN PADA SAAT LIBURAN

Infopenerbangan,- Memasuki liburan sekolah sekaligus lebaran, pada umumnya penumpang membawa barang bawaan yang tidak sedikit. Namun, perlu diingat jika Anda terbang, ada maskapai yang memberikan bagasi gratis dan ada juga yang harus membayar sesuai ukuran dan beratnya isi bagasi.

Walaupun ada maskapai yang memberikan  bagasi cuma-cuma, Anda tetap harus hati-hati agar tidak kelebihan berat (over weight). Agar perjalanan Anda lebih nyaman, perhatikan kiat-kiat mengemas barang berikut :

Tujuan Perjalanan

10 TIPS MENGEMAS BARANG BAWAAN

Pertimbangkan kegiatan apa saja dan berapa lama Anda berada di kota tujuan. Sesuaikan juga dengan situasi daerah tersebut, jangan sampai bawaan Anda menghambat aktivitas saat liburan maupun lebaran.

Daftar Barang

Sebelum memasukkan barang bawaan ke dalam koper, buatlah daftar barang yang akan dibawa  agar tidak ada yang ketinggalan. Sebaiknya pisahkan barang-barang sesuai kategori: pakaian, sepatu, kosmetik, aksesoris, obat-obatan, dll agar mudah ditemukan jika sedang dibutuhkan.

Koper/Tas

Besar kecilnya koper yang akan digunakan, sebaiknya disesuaikan dengan isi dan ukuran barang bawaan. Memilih koper yang ringan adalah pilihan yang baik untuk menyiasati biaya bagasi pesawat. Gunakan tas jinjing berukuran kecil untuk menyimpan obat-obatan atau kebutuhan yang sekira nya Anda butuhkan selama perjalanan udara.

Jumlah Keluarga

10 TIPS MENGEMAS BARANG BAWAAN

Perhatikan jumlah anggota keluarga yang ikut bepergian, masing-masing individu harus memiliki koper/tas tersendiri sesuai keperluannya agar tak merepotkan oranglain. Jangan lupa untuk menandai koper/tas Anda agar tidak tertukar pada saat pengambilan bagasi nantinya.

Mengatur Letak Barang

Ganti cara melipat pakaian dengan menggulungnya dengan rapi dan kuat. Cara ini akan membuat ruang di koper atau tas menjadi lebih lega. Susun pakaian yang akan digunakan pada hari pertama dibagian paling atas. Mencari-cari baju yang hendak dipakai akan membutuhkan banyak waktu untuk membereskannya.

Selaras dan Multifungsi

Padukan pakaian dengan cermat sehingga bisa digunakan pada dua acara sekaligus. Tidak ada ada salahnya memakai celana panjang selama dua hari sepanjang masih bersih, karena bisa dipadankan dengan kaus. Bawalah baju favorit Anda yang paling ringan, sederhana, dan multifungsi. Hindari membawa pakaian berat dan banyak pernak-pernik karena akan menyita banyak ruang di dalam koper atau tas.

Meninggalkan Barang Berbahaya

Untuk mempermudah dan memperlancar proses pengecekan petugas airport, hindari membawa senjata api, senjata tajam, gunting, pisau cukur, korek api dan alat berbahaya lainnya. Maskapai penerbangan memberlakukan pengaturan tersebut demi keselamatan dan keamanan dalam dangerous good.

Barang Khusus

Tempatkan pada posisi yang mudah dijangkau seperti dompet, tissue, cairan pembersih tangan, powerbank, kamera, dan handycam. Khusus peralatan mandi dan alat make up sebaiknya dipisahkan dan dimasukkan dalam wadah yang terbuat dari plastik.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker