News

2021 ANGKASA PURA I BUKA PENERBANGAN INTERNASIONAL

Infopenerbangan,- Pada 2021 mendatang PT Angkasa Pura I (Persero) akan membuka kembali terminal penerbangan internasional.

Saat ini perseroan masih berfokus melayani penerbangan rute domestik dan memulihkan kembali pergerakan calon penumpang di tengah pandemi covid-19 ini.

Handy Heryudhitiawan selaku sekertasis perusahaan PT Angkasa Pura I pada Selasa, 27 Oktober 2020 mengatakan,”rencana pembukaan terminal internasional akan didahului dengan persiapan bandara dan kami akan memastikan bahwa kebutuhan penumpang internasional dengan sarana yang tersedia dan memadai,”

Sejak pandemi covid-19 melanda seluruh dunia industri penerbangan menjadi salah satu yang terkena dampaknya. Angkasa Pura I menutup sejumlah penerbangan internasional, langkah ini juga sejalan dengan kebijakan maskapai asing yang menghentikan sementata rute-rute penerbangan ke luar negeri agar mencegah penularan covid-19.

Penerbangan internasional pun hanya dibuka untuk kepentingan-kepentingan tertentu, seperti bisnis yang esensial, carter dan penerbangan repatriasi.

Angakasa Pura I akan berkoordinasi dengan kantor Bea Cukai dan Imigrasi sebelum mengaktifkan kembali terminal-terminal internasional. Hal ini dilakukan karena layanan internasional dan domestik berbeda terkait CCIQ (Custom, Immigration, Quarantine) ujar Handy.

Perusahaan juga akan berkomunikasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk mempersiapkan pembukaan rute internasional.

Kantor Kesehatan Pelabuhan juga akan mengecek penumpang yang keluar maupun masuk bandara untuk mencegah penularan covid-19.

Bandara yang akan melayani penumpang asing untuk penerbangan reguler adalah Bandara Internasional Juanda Surabaya dan Bandara Internasional Ngurah Rai Bali. Menurut data perusahaan, kedua bandara ini memiliki jumlah paling besar untuk penumpang internasional.

Selain itu, Handy akan memastikan Angkasa Pura I masih menunggu arahan dari regulator terkait pembukaan terminal internasional dan bandara-bandara tersebut tetap mengikuti aturan dan syarat yang sudah ditentukan.

Lihat Juga Disini.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close