Ragam

5 JENIS TIPE KURSI PESAWAT YANG PERLU ANDA KETAHUI

InfoPenerbangan,- Tahukah kalian bahwa jenis pesawat itu ada banyak? Sebagai salah satu alat transportasi udara yang sangat populer, banyak yang tertarik untuk mencari tahu fakta-fakta dibalik pesawat terbang.

Mari kita cek apakah kalian bisa atau tidak membedakan masing-masing tipe pesawat yang ada. Bukan hanya soal ukuran, tetapi ada perbedaan yang sangat spesifik baik dari segi tampilan maupun fungsi dari pesawat itu sendiri. Tanpa berlama-lama lagi mari kita simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah.

  1.  Kelas Ekonomi Biasa

Kalau mau berhemat, pilih saja Kelas Ekonomi yang harganya paling murah, Namun tentu saja fasilitasnya terbatas kalau dibandingkan kelas yang lainnya.

Kelas ekonomi reguler adalah akomodasi paling dasar dan jumlahnya paling banyak di sebuah maskapai.

Dengan harga yang cenderung murah dan fasilitas terbatas, kelas ini bisa dijangkau hampir semua kalangan, tak jarang juga banyak diskon penerbangan yang ditawarkan di kelas ini.

Kelas Ekonomi mempunyai fasilitas yang biasa-biasa aja, kursinya cukup nyaman, tetapi biasanya jarak antar kursi nggak terlalu lebar.

Jadi kalau penumpang di depan kita memundurkan kursinya, area tempat duduk kita bakal terasa makin sempit. Selimut dan bantal tambahan juga harus dipesan terlebih dulu.

  1. Kelas Ekonomi Premium 

Kelas ekonomi premium adalah versi upgrade dari ekonomi reguler, tetapi masih di bawah kelas bisnis.

Hal paling mencolok yang membedakan kelas ekonomi reguler dengan premium adalah jarak antar kursi yang lebih lebar sehingga ruang untuk kaki pun lebih leluasa.

Dan tersedia sandaran lengan yang lebih lebar sehingga kita ga perlu bersenggolan lagi dengan penumpang di sebelah.

Ruang kakinya pun lebih luas sehingga kita bisa berselonjor dengan nama. Bahkan kita bisa memperoleh makanan premium yang tentunya lebih lezat!

  1. Kelas Bisnis 

Mempunyai dana berlebih? Coba deh naik Kelas Bisnis. Fasilitasnya lebih mewah, bahkan kita bisa tidur sambil berbaring dengan nyenyak.

Kursi kelas bisnis menawarkan fasilitas di atas kelas ekonomi dan masih di bawah first class.

Kelas ini mengedepankan kenyamanan dan fasilitas yang ditawarkan pun cukup mewah. Harganya bisa 2-3 kali lipat dari kelas ekonomi reguler.

Kursi kelas bisnis di pesawat memiliki banyak posisi yang dapat disesuaikan yang dirancang untuk kenyamanan penumpang yang optimal.

Mereka dapat berbaring 180 derajat ke posisi horizontal penuh, membuat flatbed, atau mengkonfigurasinya menjadi suite mini untuk privasi lengkap.

Tempat duduk sudah dilengkapi dengan layar dilengkapi dengan konten hiburan yang bisa kita ganti sesuai dengan keinginan, ada headphone yang sudah dilengkapi noise cancelling membuat penumpang semakin nyaman dan tidak terganggu dengan kebisingan sekitar.

Soal makanan tidak perlu ditanyakan lagi, bagi penumpang yang alergi terhadap menu makanan tertentu bisa request menu rendah kolesterol, makanan nutrisi tinggi, dan sebagainya.

  1. First class 

First Class adalah jenis kelas yang paling mahal, Tentu aja fasilitasnya paling mewah Udah berasa kayak raja dan ratu deh selama di pesawat.

Penerbangan first class menawarkan fasilitas terlengkap, kursi duduk yang begitu nyaman, fitur teknologi penunjang seperti Wi-Fi, monitor dengan akses ke konten hiburan yang lebih lengkap.

Penerbangan kelas pertama minim kebisingan, jarak antara penumpang satu dengan yang lain cukup jauh, sehingga mampu memberikan kenyamanan optimal.

Selain itu penumpang First Class bakal didampingi asisten yang mengurus semua hal, Mulai dari membawa bagasi, membantu proses imigrasi, sampai mengantar ke pesawat.

Para penumpang nggak perlu mengantri saat masuk pesawat karena ada jalur khusus untuk First Class.

Tersedia kursi empuk dengan pembatas di sekeliling tiap penumpang untuk menjaga privasi.

Tersedia layar LCD dengan headphone untuk menonton berbagai hiburan selama perjalanan. Makanannya pun lebih mewah dan komplit. Puas deh pokoknya!!

  1. Quiet Zone 

Kursi Quiet Zone sebenarnya sama dengan kursi kelas ekonomi reguler dan jumlahnya terbatas.

Fasilitas dan harga yang ditawarkan pun tidak jauh berbeda, tetapi kenyamanan yang didapatkan tentu berbeda.

Sejumlah penerbangan menyediakan Quit Zone yang terdiri dari beberapa baris, penumpang yang bepergian dengan bayi dan anak berumur kurang dari 10 tahun tidak diperbolehkan berada di sana.

Jadi para penumpang Quiet Zone bisa menikmati penerbangan dengan tenang. Jenis kursinya sama dengan kursi di Kelas Ekonomi, jadi tidak bisa digunakan untuk berbaring. 

Beberapa maskapai yang menawarkan fasilitas ini adalah Air Asia, Malaysia Airlines, Japan Airlines, Scoot dan IndiGo.(*)

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close