Uncategorized

AIR ASIA LUNCURKAN DESAIN PESAWAT DANAU TOBA

InfoPenerbangan,-  Maskapai penerbangan Indonesia AirAsia meluncurkan livery bertema “Lake Toba & Beyond”. Desain baru ini menampilkan ilustrasi wanita penenun kain ulos dan Danau Toba pada badan pesawat. 

Berkolaborasi dengan Tobatenun, BPODT, dan Injourney, pesawat AirAsia Airbus A320 PK-AZR akan resmi mengudara dengan livery Danau Toba. Kolaborasi ini menjadi salah satu bagian dari rangkaian promosi pariwisata Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas dan ajang F1 Powerboat World Championship yang akan digelar di Balige, Danau Toba tanggall 24-26 Februari 2023.

“Kami ingin mendukung recovery pariwisata Indonesia usai pandemi Covid-19, terlebih Danau Toba merupakan salah satu destinasi super priority Indonesia,” tutur Direktur Utama Indonesia AirAsia Veranita Yosephine di Hanggar 4 GMF AeroAsia Soekarno-Hatta, Jumat (17/2).

Langkah ini juga bertepatan dengan  Danau Toba yang dijadikan tuan rumah ajang olahraga F1 PowerBoat World Championship (F1 H20) pada 24-26 Februari 2023. Pelaksanaan tersebut pun diharapkan untuk meningkatkan geliat pariwisata di sekitar Danau Toba.

“Kami berharap agar kerjasama ini akan terus membuka peluang untuk menjaring banyak turis berkunjung ke Danau Toba dan sekitarnya, sehingga pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di wilayah setempat dapat terus berkembang,” lanjut Veranita.

Livery pesawat AirAsia ini bertemakan keindahan alam dan kain tenun Toba, dimana badan pesawat dihias ilustrasi yang menggambarkan proses pembuatan kain tenun dengan latar belakang keindahan alam Danau Toba. Proses kreatif penciptaan livery ini dilakukan oleh Tobatenun selama kurang lebih dua bulan, dengan memasukkan unsur-unsur yang dapat memperkaya destinasi utama Danau Toba. 

CEO dan Founder Tobatenun Kerri na Basaria mengatakan, “Kami senang sekali dapat berkontribusi dalam mempromosikan Kawasan Danau Toba dan sekitarnya bersama-sama dengan Indonesia AirAsia. Gambar yang terlihat di badan pesawat mewakili karya kreatif Tobatenun, yaitu motif-motif kain tenun kontemporer yang terinspirasi dari motif kain tenun Batak tradisional, perempuan penenun, keindahan Danau Toba dan kekayaan budaya Batak seperti bunga rias atau kecombrang yang sering dipakai di masakan Batak seperti ikan arsik atau sambal rias.

“Kami berharap agar livery pesawat tersebut mengundang keingintahuan tentang kekayaan kriya dan komunitas di Sumatera Utara, bahkan menarik publik untuk datang berkunjung dan merasakan pengalaman berwisata langsung di Danau Toba.” ujar Kerri.

Hadirnya livery berdesain Danau Toba ini melengkapi pesawat dengan lviery berdesain khas daerah yang dimiliki AirAsia yaitu Lombok dan Belitung. Tahun ini, AirAsia juga menargetkan dapat mengoperasikan total 32 pesawat dari yang saat ini hanya berjumlah 26. 

Tiket penerbangan rute Jakarta-Silangit ini sudah dapat dipesan melalui aplikasi AirAsia Super App, situs airasia.com, biro perjalanan online dan agen penjualan tiket resmi lainnya. Untuk pemesanan tiket rombongan berjumlah 10 orang atau lebih, calon penumpang dapat menghubungi layanan Group Desk AirAsia melalui email ke iaa_groupdesk@airasia.com.

AirAsia terus menghimbau para pelanggan yang akan bepergian untuk menerapkan protokol kesehatan dengan memenuhi persyaratan perjalanan sesuai ketentuan terbaru yang ditetapkan oleh pemerintah. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close