Internasional

ALAMI MASALAH DARURAT, QANTAS RUTE ADELAIDE-CANBERRA DIALIHKAN KE MELBOURNE

Infopenerbangan.com – Keadaan darurat dialami penerbangan Qantas rute Adelaide-Canberra pada Selasa (5/3/2019) pagi, sehingga penerbangan harus dialihkan ke Melbourne, Australia. Tak lama setelah terdengar bunyi yang cukup keras, pesawat itu mengalami penurunan ketinggian 15.000 kaki dalam beberapa menit.

Dikutip dari abc.net.au, seorang penumpang menjelaskan dia mendengar bunyi keras sebelum pesawat mengalami penurunan ketinggian secara cepat. Masker oksigen dalam pesawat juga terbuka. Saat kejadian pesawat sudah berada di posisi ketinggian jelajah, namun dengan cepat mengalami penurunan.

Pesawat dengan nomor penerbangan QF 706 itu mendarat dengan selamat sekitar pukul 8:00 pagi di Bandara Melbourne akibat masalah tekanan udara dalam kabin. Begitu mendarat di Melbourne penumpang diberi akses ke ruang tunggu Qantas dan dialihkan ke penerbangan pengganti ke Canberra.

Biro Keselamatan Transportasi Australia (ATSB) membenarkan adanya kejadian pagi ini dimana sebuah pesawat Boeing 737 dalam penerbangan dari Adelaide ke Canberra dialihkan ke Melbourne karena masalah tekanan udara dalam kabin. ATSB akan mengumpulkan informasi tentang kejadian ini.

Sedangkan juru bicara Qantas mengkonfirmasi pesawat mengalami masalah tekanan udara dan kini sedang diperiksa oleh para teknisi di Bandara Melbourne. Qantas mengatakan tidak ada penumpang cedera akibat insiden tersebut. Pilot dan awak kabin telah menangani insiden ini sesuai dengan standar prosedur operasi.

Pada Agustus tahun lalu, insiden tekanan udara dalam kabin pada penerbangan kargo Boeing 737 juga dilaporkan ke pihak ATSB. (*)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close