DomestikHot NewsNews

Angkasa Pura II Tambah 17 Rute Penerbangan

Infopenerbangan,-  PT Angkasa Pura II mendukung pembukaan rute baru dan penambahan frekuensi penerbangan di bandara-bandara yang dikelola perusahaan ini.

President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, mengatakan, penambahan penerbangan ini akan berdampak pada semakin lancarnya arus perpindahan barang dan orang termasuk mendukung pengembangan perekonomian dan sektor pariwisata nasional.

“AP II memberikan apresiasi kepada maskapai yang telah memperluas konektivitas penerbangan dengan membuka rute baru di bandara-bandara AP II khususnya saat periode angkutan Lebaran tahun ini,” tutur Muhammad Awaluddin dalam siaran pers, Selasa, 27 Juni 2017.

Sedikitnya 17 rute oleh maskapai di bandara-bandara AP II pada periode Januari – Juni 2017.  Maskapai Garuda Indonesia membuka rute Jakarta – Banyuwangi, AirAsia membuka rute Pontianak – Kuching, Citilink membuka rute Jakarta – Dili (Timor Leste), dan Sriwijaya Air membuka rute Jakarta – Sampit dan Jakarta – Pangkalan Bun. Lalu Wings Air membuka rute Jambi – Tanjung Karang, Jambi – Padang, dan Padang – Tanjung Karang.

Selain itu maskapai Batik Air membuka rute Jambi – Jakarta, Pontianak – Jakarta, dan Jakarta – Lubuk Linggau. Lalu Lion Air membuka rute Bandung – Pekanbaru, Bandung – Lombok, Palembang – Surabaya, Palembang – Medan, Palembang – Solo, dan Palembang – Yogyakarta.

“Dalam waktu dekat juga akan dibuka penerbangan Jakarta – Makau dan Bandung – Pontianak,” tutur Awaluddin.

Menurut Awaluddin, cukup banyak rute baru yang dibuka dan ini tidak lepas dari strategi AP II menerapkan kebijakan insentif bagi maskapai yang membuka rute baru. Perusahaan juga berusaha meningkatkan kerjasama dengan pemerintah dan praktisi pariwisata dalam mempromosikan obyek wisata terutama di Indonesia bagian barat.

Secara umum, seiring dengan bertambahnya penerbangan maka pada tahun ini pihaknya optimistis jumlah pergerakan penumpang dapat mencapai 100 juta orang, dan sekitar 60-70 persen dari jumlah tersebut merupakan pergerakan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

“Kami menargetkan wisatawan mancanegara yang masuk melalui bandara-bandara AP II dapat mencapai 4 juta orang,” ujar Awaluddin.

AP II secara intensif juga bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dalam mempromosikan destinasi-destinasi wisata di setiap bandara yang dikelola perusahaan. Ini dilakukan dengan mendirikan Tourism Information Center atau TIC di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close