DomestikHot NewsNews

AP II Tambah 9 Bandara Indonesia Untuk Dikelola

Infopenerbangan,- PT Angkasa Pura II (Persero) berencana akan menambahkan sejumlah bandar udara di Indonesia dalam daftar kelola.

Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin, mengatakan setidaknya ada 6 bandara Kemenhub yang akan dikelola oleh AP II. Pengalihan pengelolaan bandara tersebut, berkaitan dengan rencana pemerintah mengembangkan destinasi pariwisata di daerah.

“Kemenhub mulai mempertimbangkan memindahkan beberapa bandaranya ke AP I dan AP II. Konsepnya diatur di PMK 136 2016, di mana pengelolaan aset BLU (Badan Layanan Umum) bisa dikerjasamakan ke swasta dan BUMN,” ujar Awaluddin.

“Sebenarnya total pengelolaan bandara yang akan kami ambil alih itu ada 13, tapi kami akan selesaikan bertahap. Tahun ini ada sembilan bandara, baru nanti dilanjutkan pada 2018,” katanya.

Sementara, untuk bandara yang dikelola TNI AU dan akan diambilalih oleh AP II adalah Bandara Wirasaba yang ada di Purbalingga, Jawa Tengah. Di mana, saat ini bandara tersebut masih menjadi basis landasan udara TNI AU.

Sedangkan untuk bandara yang dikelola BUMD adalah Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati. Dari swasta, bandara yang akan diambil alih berlokasi di Bintan, Bintan aviation internasional. Di mana, Bintan akan dikembangkan fasilitas resort dan akan dikerjasamakan bersama AP II.

Adapun dari sembilan bandara yang akan dikelola tahun ini, sudah ada enam bandara yang intens dilakukan pembahasan dan persiapan dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub. Ke enam bandara tersebut antara lain, Bandara Radin Inten II, Lampung, Bandara H. AS Hanandjoeddin Tanjung Pandan Belitung, Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu, Bandara Maimun Saleh, Sabang, Bandara Blimbingsari, Banyuwangi dan Bandara Dr. Ferdinand Lumban Tobing, Sibolga.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close