DomestikHot NewsNews

Bandara Abdulrachman Saleh Malang akan Buka Penerbangan Malam

Infopenerbangan – Bandar Udara Abdulrachman Saleh telah mendapat lampu hijau dari TNI AU untuk membuka jam terbang malam untuk penerbangan komersial, saat ini tinggal menunggu signal dari Otoritas Bandara.

Dengan demikian, diharapkan kunjungan wisatawan untuk beberapa wilayah, seperti Kota Malang, Kabupaten Malan dan Kota baru terus meningkat.

Wajar bila flight malam itu akan makin menggairahkan wisata di Kabupaten Malang. Pasalnya, salah satu modal untuk amenitas adalah kemudahan akses.  ”Khususnya untuk wisatawan-wisatawan Asia. Baik dari Tiongkok, maupun Jepang, banyak yang memilih flight malam,’’ Kata Kepala Disparbud Kabupaten Malang Made Arya Wedhantara.

Terkait hal ini, pihak maskapai Sriwijaya Air, yang diwakili District Manager Sriwijaya Air Malang Muhammad Yusri Hansyah menyatakan siap untuk open flight. ”Wacana itu sudah disampaikan pada kami sejak lama. Kalau bisa, segera direalisasikan. Tentu kami malah senang,” katanya.

Hal senada juga sempat disampaikan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bandara Abd Saleh, Suharno, serta Danlanud Abd Saleh Marsma TNI Julexi Tambayong.  Tak hanya itu, Samsul Muarif, ketua Malang Tour and Travel Community, juga menyimpan optimisme serupa. Dengan adanya penambahan flight malam, pasti akan sangat berpengaruh terhadap kunjungan di Malang Raya.

”Adanya tambahan penerbangan atau rute baru itu sangat bagus,” kata dia. Sebab, saat ini permintaan penerbangan di Malang cukup banyak. Bali salah satunya, hanya ada flight siang dan sore. ”Jadi, bila sampai Bali, kami sudah tidak bisa apa-apa, hanya tinggal istirahat,” ujarnya.

”Oleh karena itu, banyak yang ke Surabaya untuk mencari penerbangan pagi sehingga sampai Bali bisa wisata,” kata dia.

Pada 2014, tercatat hanya ada 36.559 wisman. Kemudian, jumlahnya meningkat di tahun 2015 yang mencatatkan kunjungan 99.873 wisman. Supaya angkanya terus meningkat, flight malam seakan menjadi syarat mutlak. (*/Fjn)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close