DomestikHighlightHot News

Bandara Cepu Diusulkan Untuk Penerbangan Komersial

Infopenerbangan.com, -Bandar Udara (Bandara) Ngloram di Cepu, Blora, Jawa Tengah akan diusulkan ke pemerintah pusat untuk diaktifkan menjadi bandara komersial. Saatini bandara melayani penerbangan untuk kepentingan bisnis khususnya perminyakan di sekitar wilayah Kabupaten Blora dan Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Anggota DPR RI, Djoko Udjianto seperti diberitakan liputan6 mengungkapkan, Bandara Ngloram diusulkan bisa menjadi bandara komersial karena bandara di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur tersebut sudah memiliki fasilitas pendukung sehingga biaya yang dikeluarkan tidak akan terlalu banyak dibanding membangun bandara baru.

Dari kondisi yang ada saat ini, tambah Joko, pembangunan tinggal melakukan pada sisi memperpanjang landasan pacu hingga mencapai 1.500 meter. Dengan begitu, pesawat berbadan besar sudah bisa mendarat di Blora yang secara geografis berada di tengah pulau Jawa sehingga memudahkan penumpang untuk meneruskan perjalanan darat.

“Selama ini bandara Ngloram, telah dioeperasionalkan untuk kepentingan bisnis. Dari pengecekan ke lapangan sudah ada runway sepanjang 900 meter dan bisa dimanfaatkan untuk penerbangan pesawat kecil. Jika runway diperpanjang 600 meter lagi maka pesawat badan besar bisa mendarat,” jelasnya.

Joko tidak memungkiri terkait usulan komersialisasi bandara di Jawa Tengah tidak saja Bandara Ngloram. Namun usulan aktivasi juga dilakukan bandara Wirasaba, di Kabupaten Cilacap. (*/Rf)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close