DomestikHighlightNews

Bandara Juanda Raih Penghargaan Dari Kemenhub RI

Infopenerbangan.com, Bandara Internasional Juanda, Surabaya, mendapat penghargaan layanan perhubungan kelas prima utama dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Penghargaan ini diserahkan di Jakarta, Senin (19/9/2016) siang. Selain trofi, ada juga piagam penghargaan pelayanan prima unit pelayanan publik di lingkungan Perhubungan.

“Ini berkat kerja sama semua pihak. Layanan kepada masyarakat, penumpang, dan para tenant tetap yang utama. Kami merasa antusias dan menyambut dengan gembira penghargaan ini dan semakin termotivasi meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa,” ucap General Manager PT Angkasa Pura 1 Juanda, Yuwono.

Penilaian unit pelayanan publik di bidang perhubungan tahun 2016 tersebut diikuti 156 unit pelayanan publik sektor transportasi.

Unit tersebut tersebar di 21 lokasi/wilayah di Indonesia. Penilaian dilaksanakan selama tiga bulan mulai Juni hingga Agustus 2016.

Bandara Juanda masuk dalam pemenang kategori Prima Utama (nilai akhir ≥ 85 – 100). Sebenarnya ada 40 unit di kategori ini.

Di bawah Prima Utama ada kategori Prima Madya (nilai akhir ≥ 75 – < 85) sebanyak 54 unit.

Ada juga kategori Prima Pratama (nilai akhir 65 – < 75) sebanyak 23 unit.

Penghargaan Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik di Lingkungan Perhubungan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara berkala setiap dua tahun sekali oleh Kementerian Perhubungan. Penilaian penghargaan ini dilakukan secara independen oleh tim penilai yang diketuai oleh Tenaga Ahli Menteri Perhubungan Bidang Pelayanan Publik dan beranggotakan Wakil Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Ombudsman RI, akademisi, pengamat transportasi, dan jurnalis.

Penilaian dilakukan tim dengan 9 instrumen dan variabel penilaian. Termasuk visi misi dan moto pelayanan, standar pelayanan dan maklumat pelayanan, sistem mekanisme prosedur, sumber daya manusia, sarana prasarana pelayanan dan penanganan pengaduan.

Juga Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), sistem informasi pelayanan publik dan produktivitas dalam pencapaian target pelayanan. (fd)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close