DomestikHot NewsNews

Bandara Kualanamu dan Soekarno-Hatta Raih Sertifikat Skytrax

Infopenerbangan,- Dua bandara yang dikelola PT Angkasa Pura (AP) II mendapatkan sertifikasi Skytrax yakni Bandara Internasional Kualanamu dan Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Bandara Kualanamu kembali mendapatkan sertifikasi Bintang 4 dari Skytrax atas pelayanan yang baik kepada para penumpang pesawat dan pengunjung bandara. Sementara Bandara Internasional Soekarno-Hatta mendapatkan sertifikasi Bintang 3.

Kedua sertifikasi tersebut diberikan berdasarkan penilaian Airline Quality Ranking yang dilakukan oleh Skytrax. Penilaian tersebut dilihat dari kemampuan bandara memberikan terbaik pada produk yang berhubungan langsung dengan konsumen atau penumpang pesawat, termasuk juga layanan dari para staf frontliners di terminal.

“Bandara Internasional Kualanamu merupakan satu-satunya bandara di Indonesia yang mampu meraih sertifikasi Bintang 4, di mana artinya bandara ini adalah yang terbaik di Indonesia,” kata President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin dalam siaran pers, Senin (10/7).

“Sertifikasi ini, juga merupakan apreasiasi bagi AP II selaku operator bandara, sehingga semakin memacu kami, agar selalu memberikan standar pelayanan tertinggi bagi penumpang pesawat di Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang saat ini tengah memacu pengembangan, guna meningkatkan standar pelayanan, sudah dapat hasilnya dengan meraih penghargaan The World Most Improved Airport 2017 juga dari Skytrax.

AP II saat ini tengah mengembangkan seluruh bandara yang dikelola, terutama dalam infrastruktur digital, guna menjadikan bandara beroperasi secara efektif dan efisien, di samping juga semakin meningkatkan standar pelayanan kepada seluruh penumpang pesawat dan pengunjung bandara.

“Pada akhirnya, pengembangan itu diharapkan membawa bandara-bandara AP II membawa sektor transportasi udara di Indonesia ke tingkatan yang lebih tinggi lagi dari saat ini,” Awaluddin.

Terkait sertifikasi bintang empat, bandara-bandara di dunia lainnya yang berada di kelompok ini selain Kualanamu, antara lain Abu Dhabi International Airport, Barcelona El Prat Airport, Frankfurt Airport, dan London Heathrow Airport.

Sebagai informasi, Bandara Internasional Kualanamu saat ini melayani penerbangan dari 12 maskapai termasuk penerbangan internasional ke Malaysia, Singapura, Thailand, dan Arab Saudi.

Bandara yang diresmikan pada 27 Maret 2014 ini dilengkapi fasilitas canggih penanganan bagasi, yakni integrated baggage handling screening system (IBHSS) dengan tingkat pendeteksi keamanan tertinggi. Dengan sistem itu, memungkinkan bandara ini menerapkan sistem terbuka untuk pendaftaran penumpang, atau check-in seperti antara lain Bandara Internasional Changi di Singapura.

Bandara ini juga merupakan satu-satunya bandara di Indonesia yang terintegrasi dengan jaringan kereta, guna memberikan alternatif moda transportasi bagi pengunjung, atau penumpang pesawat.

Ke depannya, ditargetkan Kualanamu dan Soekarno-Hatta dapat mendapat sertifikasi bintang lima, atau peringkat tertinggi untuk penilaian bandara versi Sytrax.

“Bandara Internasional Kualanamu dan Soekarno-Hatta kami targetkan dapat meraih sertifikasi bintang lima dari Skytrax, seiring dengan pengembangan di dua bandara tersebut,”tambahnya. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close