News

BANDARA NGURAH RAI AKAN KEDATANGAN PESAWAT BESAR AIRBUS A380

InfoPenerbangan,- Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara memastikan kesiapan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, yang akan kedatangan pesawat berbadan besar Airbus A380 milik maskapai Emirates.

Direncanakan, pesawat komersil terbesar di dunia yang berkapasitas 600 penumpang tersebut akan mendarat di Bandara Ngurah Rai pada Juni 2023.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Maria Kristi Endah Murni mengatakan tengah menyiapkan rencana operasional yang khusus.

“Karena kapasitas pesawat ini besar sekali dan dimensi pesawat terdiri dari dua lantai, maka membutuhkan waktu penanganan (handling) dan peralatan (equipment) yang berbeda dengan pesawat lainnya,” ujarnya, dalam keterangan resmi, Selasa, 31 Januari 2023.

Kristi mengatakan, Kantor Otoritas Bandar Udara (OBU) Wilayah IV Bali telah melakukan koordinasi dengan pengelola bandara yaitu PT. Angkasa Pura I dan pihak terkait lainnya.

Adapun sejumlah persiapan yang dilakukan di antaranya yaitu, penanganan ground handling, garbarata, pengisian bahan bakar (fuel handling), Custom, Immigration and Quarantine (CIQ), kesiapan unit Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran(PK-PPK), dan penanganan penumpang (pax handling).

“Kami juga harus memastikan kesiapan alternate aerodrome yaitu bandara alternatif terdekat yang mampu menampung pesawat A380, apabila terjadi gangguan di Bandara Ngurah Rai,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kristi mengatakan, pihaknya juga menyiapkan Tim Assesment untuk memastikan persiapan pengoperasian dan melakukan penilaian terhadap Standard Operating Procedure (SOP) yang dibuat oleh pengelola Bandara Ngurah Rai yaitu PT Angkasa Pura I.

Karenanya, ia berharap seluruh persiapan di Bandara I Gusti Ngurah Rai dapat diselesaikan sebelum pengoperasian pesawat Airbus A380 di bulan Juni 2023 nanti.

“Kami harus pastikan semua fasilitas sudah lengkap agar operasi penerbangan dan pelayanan berjalan selamat, aman, dan nyaman,” ucap dia.

Mengenal Pesawat Airbus A380

Melansir situs Emirates, pesawat Airbus A380 memiliki bentang sayap hingga 79,8 meter dengan panjang badan pesawat 72,7 meter. Panjang itu setara dengan dua paus biru dijajarkan.

Pesawat Airbus A380 juga memiliki tinggi 24,1 meter atau setara dengan tinggi lima jerapah. Ia ditenagai oleh mesin GP7200 RR Trent 900 dan memiliki suku cadang sebanyak 4 juta unit.

Dalam hal jelajah, pesawat ini memiliki jarak maksimal (maximum range) 15 ribu kilometer dengan kecepatan mencapai 0,85 mach. Pesawat ini terbang di ketinggian 43,100 kaki.

Pesawat Airbus A380 terdiri dari tiga kelas yakni 4 class (ultra long-range) berkapasitas 484 kursi, 3 class (long-range) 517 kursi, 3 class (ultra long-range 489 kursi), dan 2 class (long-range) 615 kursi.

Tak hanya ‘juara’ soal berat dan kapasitas, pesawat Airbus A380 milik Emirates juga dilengkapi beberapa fasilitas yang menunjang kenyamanan penumpang seperti spa, kursi kelas eksekutif dengan pintu dan jendela sehingga lebih privat, dan onboard lounge. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close