DomestikHot NewsNews

Bandara Wiriadinata Siap Melayani Penerbangan Komersil

Infopenerbangan,- Pangkalan Udara Militer Wiriadinata akan dikembangkan menjadi bandara yang melayani penerbangan komersil. Kesepakatan itu dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani Jumat 9 Juni 2017.

Penadatangan itu dilakukan Pangkoopsau I Marsda TNI Imran Baidirus dan Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso, Walikota Tasikmalaya Budi Budiman di Bandara Wiriadinata dan turut disaksikan oleh Presiden Joko Widodo.

Menurut Agus, Presiden Jokowi menginstruksikan agar Bandara Wiriadinata bisa beroperasi dalam sebulan ke depan. Kemenhub memang sudah menyiapkan pengoperasian bandara tersebut. “Sudah ada maskapai yang apply untuk terbang ke Tasik ini. Kami sedang memproses perizinannya. Nanti maskapai ini akan terbang menggunakan pesawat ATR 72,” tutur Agus.

Agus menambahkan, ada beberapa hal yang perlu dibenahi agar bandara milik TNI AU ini bisa operasi komersial. Sementara itu, terkait navigasi penerbangan, hanya dari satu sisi untuk lepas landas dan mendarat. “Pepohonan dan semak di sisi utara runway itu perlu dipangkas agar sudut pendaratan pesawat lebih clear,” tuturnya.

Menurut dia, pengembangan Bandara Wiriadinata bisa menjadi salah satu pemicu pengembangan perekonomian di sebelah selatan Pulau Jawa. “Pengembangan bandara ini adalah permulaan untuk dibukanya penerbangan jalur selatan Jawa. Akan menyusul kemudian dikembangkan bandara di Sukabumi selatan dan Banten selatan. Semuanya untuk mengembangkan perekonomian selatan Jawa yang selama ini tertinggalkan,” ujar Agus.(*/NP)

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close