Internasional

RIBUAN PENUMPANG WOW AIR TERLANTAR

Infopenerbangan.com – WOW Air mengumumkan bangkrut setelah gagal memperoleh pendanaan di tengah kondisi perusahaan yang tidak stabil.

Dikutip dari Reuters, Kamis (28/3/2019), pengumuman tersebut disampaikan oleh Founder & CEO WOW Air, Skuli Mogensen lewat surat kepada 1.000 pegawainya. Dia meminta maaf karena gagal membuat WOW Air tetap mengudara.

“Saya tidak akan pernah memaafkan diri saya karena terlambat mengambil keputusan,” kata Mogensen.

Pengumuman tersebut berlanjut pada keputusan pembatalan seluruh penerbangan maskapai. Akibatnya, sebanyak 4.000 penumpang terlantar. Sepanjang 2018, WOW Air mengangkut 3,5 juta penumpang.

Pada pagi waktu setempat, WOW Air sempat mengumumkan menunda sejumlah penerbangan. Penundaan tersebut dilakukan karena manajemen tengah memasuki diskusi tahap akhir dengan sekelompok investor untuk menyelematkan keuangan maskapai.

Dalam beberapa bulan terakhir, manajemen berupaya mencari pendapatan sampingan di luar tiket. Namun, maskapai tersebut tetap membutuhkan suntikan dana segar.

Rivalnya, Icelandair sempat mengajukan penawaran kepada WOW Air namun berakhir tanpa hasil. Investor kawakan Bill Franke yang tertarik belakangan memilih membatalkan proposalnya untuk mengakuisisi WOW Air.

Wow Air selama ini lebih banyak beroperasi di sekitar Atlantik. Maskapai yang identik dengan warna ungu tersebut menjadi maskapai terkini yang terlempar dari persaingan bisnis aviasi di Eropa akibat membengkaknya biaya operasional.

Sebelum WOW Air, maskapai asal Eropa yang tumbang yaitu Flybmi (Inggris), Primera Air (Denmark), dan Cobalt (Siprus).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close