DomestikInternasionalNews

BATIK AIR RESMIKAN RUTE BARU KUALANAMU – KUALA LUMPUR

InfoPenerbangan,- Maskapai penerbangan Batik Air mengumumkan mulai Senin (25/ 07) membuka jalur penerbangan internasional dari Indonesia bagian barat: Sumatera Utara melalui Bandar Udara Internasional Kualanamu di Deli Serdang (KNO) tujuan Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia (KUL) yang dilayani pergi pulang (PP).

Penerbangan perdana diresmikan oleh Presiden Direktur Lion Air Group, Capt. Daniel Putut Kuncoro Adi;
Presiden Direktur Angkasa Pura Aviasi, Achmad Rifai; Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi
Sumatera Utara, Zumri Sulthony; Konsulat Jenderal Malaysia di Sumatera Utara, Aiyub Omar; Wakil Direktur Tourism Malaysia di Sumatera Utara, Yustina Yusof; GM AirNav Indonesia Cabang Bandar Udara
Internasional Kualanamu.

Serta dihadiri juga oleh Yusfan; Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kulanamu, Jefri H Sitorus; Kepala
Kantor Imigrasi Kualanamu, Tedi Hartadi Wibowo; Kepala Bea dan Cukai Kualanamu, Elfi Haris; Pertamina
Bandar Udara Internasional Kualanamu.

Lalu ada Heri Yuwono; Kapolsek Bandar Udara Internasional Kualanamu, J Damanik; Ketua ASITA Sumatera Utara, Solahuddin Nasution; Ketua/Wakil ASTINDO Sumatera Utara, Joyce dan Cing Kyart; Direktur Raya Utama Travel, Rusli Wijaya; Direktur Eva Prima Travel, Juliana; Area Manager Sumatera Utara Batik Air, Juli Aspita, Station Manager Batik Air Kualanamu, Widodo Nurdiyanto serta tamu undangan.

Sambutan penerbangan perdana #1 oleh Capt. Daniel Putut Kuncoro Adi, PDLG

Corporate Communications Strategic Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro mengungkapkan bahwa sebagai tahap awal, Batik Air akan memiliki jadwal penerbangan 1 kali sehari atau 7 kali penerbangan selama seminggu penuh.

Adapun jadwal keberangkatan perdana langsung dari Kualanamu pada pukul 10.05 WIB, dan sampai di Kuala Lumpur pada pukul 10.10 waktu setempat. Sedangkan untuk penumpang yang ingin berangkat dari Kuala Lumpur, akan mendapat jadwal berangkat pada pukul 11.00 waktu setempat dan tiba di Medan pada pukul 13.05 WIB.

Pembukaan kembali rute penerbangan ini akan mendukung upaya aktivitas ekonomi mencakup pariwisata, perdagangan, pendidikan dan sektor lainnya.

“Dengan dibukanya kembali rute Kualanamu-Kuala Lumpur-Kualanamu, diharapkan berkontribusi positif dalam mempermudah penerbangan, dengan memberikan pilihan bepergian menggunakan pesawat udara tujuan Kuala Lumpur dan Sumatera Utara,” ungkap Danang, Senin (25/7/2022).

Penerbangan rute Kuala Lumpur PP, Batik Air akan mengoperasikan pesawat Airbus A320 (12 kursi kelas bisnis dan 144 kursi kelas ekonomi) dan Boeing737-800NG (12 kelas bisnis dan 156 kelas ekonomi).

Sambutan terbang perdana #2: Presiden Direktur Angkasa Pura Aviasi, Achmad Rifai

Armada ini merupakan generasi modern dan baru yang dikirim dari pabrikan pesawat. Seluruh armada dilengkapi High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter atau penyaringan partikel yang kuat. HEPA filter membantu menjaga kebersihan udara di kabin dan menyaring lebih dari 99,9% jenis virus, kuman, serangga dan bakteri.

Udara di dalam kabin pesawat diperbarui setiap 2-3 menit, sehingga lebih segar. Siklus udara dari toilet(lavatory)dan dapur(galley)langsung dialirkan ke luar pesawat.

Setiap tamu mendapatkan makanan dan minuman (in flight meals), gratis bagasi 20kg untuk kelas ekonomi dan 30 kg kelas bisnis, dilengkapi hiburan gratis in flight entertainment on demand serta hiburan yang dapat diakses dari perangkat hand phone dan tablet didukung oleh Tripper.

Serah terima cinderamata

Para tamu akan dimanjakan melalui konten-konten yang tersedia seperti beragam film dengan berbagai genre seperti Indonesia, Hollywood, sampai Korea. Selain itu para tamu dapat bermain games, membaca majalah digital dan masih banyak lagi.

Danang mengatakan penerbangan menuju Kuala Lumpur diharapkan akan berkontribusi sebagai salah upaya percepatan pemulihan perekonomian secara regional (kedua negara) di kawasan Asia Tenggara dalam upaya membantu menggerakkan sektor perdagangan, pariwisata serta sektor yang lain. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close