DomestikHot NewsNews

BEBERAPA BANDARA MENGALAMI ARUS BALIK YANG MENINGKAT

BANDARA MENGALAMI ARUS BALIK YANG MENINGKAT

BANDARA DEPATI AMIR

Infopenerbangan,- Penumpang yang berangkat dan datang melalui Bandara Depati Amir di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung pada H+1 Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah meningkat 6,93 Persen. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan hari yang sama pada 2017 yang lalu.

Chuanda Selaku General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Depati Amir, mengatakan jumlah penumpang pada H+1 Lebaran Idul Fitri sebanyak 7.560 orang, sedangkan pada 2017 hanya 7.070 orang. “Jika dibandingkan dengan hari kedua lebaran, jumlah penumpang pada H+1 lebih banyak sekitar 330 orang, di mana pada hari kedua lebaran jumlah penumpang yang datang dan berangkat melalui bandara ini 7.230 orang.”Katanya.

Seperti yang terlansir dalam laman republika.co.id, jumlah penumpang yang datang melalui bandara pada H+1 Lebaran tahun ini 3.834 orang dan penumpang yang berangkat 3.726 orang. “Sedangkan untuk hari yang sama pada 2017, penumpang yang datang 3.572 orang dan yang berangkat 3.498 orang.” Ujar Chuanda.

Penumpang yang datang dan berangkat sebanyak 7.560 orang itu diangkut dengan 54 kali penerbangan, masing-masing 27 kali kedatangan dan pemberangkatan.    “Diperkirakan untuk jumlah penumpang yang berangkat dan datang pada hari ini atau H+2 juga tidak berbeda terlalu jauh dengan H+1, bahkan bisa lebih banyak karena diperkirakan puncak arus balik terjadi pada hari ini.” Tambahnya.

BANDARA INTERNASIONAL MINANGKABAU

Arus balik di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padang Pariaman, Sumatra Barat, mulai mengalami peningkatan pada H+1 Idul Fitri 1439 Hijriah atau Minggu (17/6).

Humas PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Minangkabau yaitu Fendrick Sondra mengatakan.  “Pada H+1 jumlah pemudik yang berangkat mencapai 5.900 orang atau mengalami peningkatan dibanding hari sebelumnya yang hanya 4.847 orang.” Katanya, Senin (18/6).

Menurut Fendrick, kendati sudah mulai terjadi peningkatan penumpang yang hendak balik, namun angka kedatangan pada H+1 masih tetap tinggi yaitu sebanyak 6.344 pemudik.  Ini artinya usai Lebaran arus mudik masih tetap tinggi di BIM.

Seperti yang terlansir dalam laman republika.co.id, Fendrick pun menambahkan, jumlah penumpang yang berangkat mengalami kenaikan sebesar 12 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Di mana jumlahnya hanya sekitar 4.416 orang. “Untuk puncak arus balik diperkirakan terjadi pada 19-20 Juni serta 23-24 Juni 2018 berdasarkan pengalaman tahun lalu dan data statistik.” Lanjut Fendrick.

Fendrick juga menyampaikan pergerakan penumpang di BIM pada Lebaran tahun ini diperkirakan meningkat sekitar 12 sampai 20 persen. Sementara, pergerakan pesawat naik 5 sampai 10 persen. “Untuk pesawat sebanyak 864 pergerakan dan penumpang sekitar 152 ribu orang mulai dari H-7 hingga H+7.” Ujarnya.

Sementara, kapasitas terminal saat ini mencapai 2,7 juta penumpang per tahun. Walaupun pada 2017 jumlah penumpang sudah mencapai empat juta orang. Ia juga mengimbau penumpang yang akan balik agar senantiasa memperhatikan jadwal penerbangan dan tidak membawa barang terlalu banyak.

BANDARA ADISUTJIPTO                          

Puncak arus balik di Bandara Adisucipto Yogyakarta diprediksi akan terjadi Selasa (19/6). Agus Pandu Purnama selaku General Manager PT Angkasa Pura I, Bandara Adisucipto, mengatakan sebelumnya puncak arus mudik di Bandara Adisucipto terjadi pada H-6 atau pada Sabtu (9/6). Sedangkan jumlah penumpang pada puncak arus mudik mencapai 28.670 orang.

Sedang pada arus balik,  jumlah penumpang diprediksi bisa mencapai 30.000 penumpang. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah penumpang arus balik, akan mengalami kenaikan sebesar 10 sampai 15 persen. Selain itu, jumlah penerbangan pun diperkirakan meningkat dibanding tahun lalu. Dalam satu hari di arus mudik maupun arus balik lebaran tahun ini, rata-rata jumlah penerbangan mencapai 216 penerbangan.

Seperti yang terlansir dalam laman beritasatu.com, menurut Pandu pada arus mudik maupun arus balik tahun ini Bandara Adisucipto memberikan 38 ekstra flight, dengan  tujuan penerbangan paling banyak menuju Jakarta.

Data dari AP I, jumlah penumpang selama mudik juga meningkat 30,1 persen dibandingkan dengan 2017. “H-6 total jumlah penumpang mencapai 28.627 orang dari kedatangan dan keberangkatan.” Kata Agus.

(*/TZ)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close