News

BOSS GARUDA MENGATAKAN INDUSTRI PENERBANGAN BARU PULIH 2024

Infopenerbangan,- Industri Penerbangan saat ini mengalami keterpurukan akibat pandemi covid-19 ini dan pembatasan pergerakan manusia, pada 2024 mendatang diperkirakan industri penerbangan akan pulih.

Namun diperkirakan kondisi ini masih membuat kebangkrutan pada perusahaan penerbangan.

Irfan Setiaputra selaku Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) mengatakan banyak analis menyebut pada jangka waktu 24-28 bulan ke depan bahwa industri penerbangan baru akan membaik. Membaik ini dalam artian kembali ke posisi 2019 sebelum pandemi terjadi.

Dikutip dari CNBC Irfan mengatakan pada Selasa (6/10/20),”Diharapkan recovery ini secepatnya kembali kondisi 2019 pada 2022 tetapi mayoritas percaya ini baru akan kembali di tahun 2024,”

Lambatnya pemulihan pada industri penerbangan menyebabkan banyaknya perusahaan-perusahaan yang akan ambruk dan drastisnya penurunan penerbangan ini banyak maskapai yang menyatakan pailit.

Irfan mengungkapkan, dalam waktu hingga 3-6 bulan ke depan kondisi seperti ini sebagian besar penumpang Garuda masih melakukan wait and see untuk kembali terbang.

Tahun ini perusahaan kehilangan pendapatan mencapai US$ 200 juta-US$ 250 juta dari penerbangan umroh dan haji yang biasanya dilakukan setiap tahun.

Dalam kondisi saat ini untuk mengantisipasi penurunan kinerja yang lebih dalam, perusahaan memilih langkah untuk mengurangi frekuensi penerbangan dan berfokus pada penerbangan repatriasi warga negara Indonesia maupun warga negara Asing.

“Sebagian orang lupa bahwa bagian bawah pesawat bisa digunakan untuk mengangkut barang dan pihak maskapai diizinkan oleh Kementrian Perhubungan untuk meletakan barang di kursi asal berat tidak lebih dari 70 kilogram,”

Dalam kondisi saat ini perusahaan terus memperbesar bisnis kargonya karena pergerakan barang lebih besar dibandingkan pergerakan orang.

Bahkan saat ini, perusahaan sudah membuka dua penerbangan internasional khusus kargo dengan tujuan Manado-Jepang dan Makassar-Singapura.

Langkah lainnya yang dilakukan industri penerbangan saat ini adalah dengan membukan rute-rute baru untuk penerbangan dalam negeri.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close