Uncategorized

BREAKING NEWS : JAPAN AIRLINES TERBAKAR KARENA TABRAKAN, 5 ORANG TEWAS

InfoPenerbangan,- Sebuah pesawat maskapai Japan Airlines terbakar di landasan pacu di Bandar Udara Haneda Tokyo Jepang pada Selasa (2/1/2024).

Pesawat Japan Airlines 516 berangkat dari Bandar Udara New Chitose pada pukul 16.00 waktu setempat dan dijadwalkan mendarat di Bandar Udara Haneda pada pukul 17.49 waktu setempat.

Tayangan televisi lokal menunjukkan beberapa truk pemadam kebakaran berada di lokasi kejadian saat asap dan api mengepul dari pesawat.

Mengutip dari Japan Times, seluruh landasan pacu Bandar Udara Haneda telah ditutup sejak sekitar jam 18.00 waktu setempat. Beberapa penerbangan dialihkan ke Bandar Udara Narita di Prefektur Chiba.

Dilaporkan, pesawat penumpang jenis Airbus itu dilaporkan bertabrakan dengan sebuah pesawat penjaga pantai Jepang setelah mendarat di Bandar Udara tersebut.

Seperti dikutip dari AFP, Selasa (2/1/2024), stasiun televisi terkemuka Jepang, NHK menunjukkan pesawat Japan Airlines itu bergerak cepat di sepanjang landasan sebelum ledakan yang memicu kobaran api muncul pada bagian bawah pesawat.

Laporan NHK menyebut pesawat Japan Airlines yang mengalami insiden itu memiliki nomor penerbangan 516 yang lepas landas dari Bandara Chitose Baru di Hokkaido menuju Bandara Haneda di Tokyo.

NHK menyebut pesawat Japan Airlines jenis Airbus itu bertabrakan dengan sebuah pesawat lainnya yang merupakan pesawat milik otoritas penjaga pantai Jepang. Tabrakan terjadi setelah Japan Airlines itu mendarat di landasan Bandar Udara Haneda.

5 Kru Pesawat Penjaga Pantai Jepang Tewas

Sebanyak lima orang tewas dalam kecelakaan tabrakan pesawat Airbus Japan Airlines dan pesawat penjaga pantai di landasan pacu Bandara Haneda, Tokyo, Jepang, Selasa (2/1) sore waktu setempat.

Kelima orang tewas tersebut merupakan awak pesawat penjaga pantai yang hendak melakukan misi pertolongan gempa Jepang ke Prefektur Ishikawa.

Hanya seorang yang selamat dalam pesawat jenis Bombardier Dash-8 penjaga pantai yang ditabrak pesawat Japan Airlines tersebut, dikutip dari the Guardian.

Sebelumnya, sebanyak 367 penumpang pesawat Japan Airlines dievakuasi, usai pesawat tersebut terbakar di landasan Bandar Udara Haneda Tokyo Jepang.

Meski demikian pesawat JAL yang berjenis Airbus A350 hancur dilumat api.

Saat ini penyebab pasti tabrakan maut di Haneda sedang diinvestigasi pihak-pihak terkait. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close