Uncategorized

BUKA PINTU DARURAT, KAKEK ASAL CHINA DITAHAN

Infopenerbangan,- Seorang pria lanjut usia ditahan selama 10 hari karena membuka pintu darurat pesawat di bandara Provinsi Zhejiang, China.

Pria yang baru pertama kali naik pesawat itu mengaku membuka pintu darurat agar bisa keluar lebih cepat, sehingga tak perlu mengantre lama.

Dilaporkan South China Morning Post, peristiwa ini terjadi pada 21 April 2019. Pria bernama Song itu sedang berpergian bersama keluarganya menggunakan pesawat Shandong Airlines dari Jinan menuju Putuo.

Song tak sabar menunggu antrean sehingga dia membuka pintu darurat yang berada di sebelah tampat duduknya.

“Saya menarik handle dan membukanya,” kata pria 65 tahun itu.

Song sudah akan turun melalui pintu darurat menuju sayap pesawat, namun kru segera melarangnya. Petugas keamanan bandara pun turun tangan mengamankan Song.

Dalam pemeriksaan, kepolisian Putuo mengungkap Song baru pertama kali naik pesawat dan tidak tahu bahwa pintu itu seharusnya tidak dibuka.

Ironisnya, di pintu sudah ada tulisan berisi hanya digunakan dalam kondisi darurat, namun dia tak mengindahkannya.

Staf penerbangan langsung menagangani kasus ini dengan menutup pintu itu tanpa menyebabkan penundaan pada penerbangan selanjutnya.

Berita ini menjadi viral di media sosial Weibo. Ada yang membela, namun banyak pula yang mengecamnya.

“Dia sama sekali tidak bersalah. Bukan soal ini penerbangan pertamanya, kru seharusnya selalu mengingatkan penumpang bahwa pintu darurat tidak boleh dibuka begitu saja,” kata waarganet.

“Bergegas naik dan turun, dia tidak peduli tentang keselamatan orang lain,” kata netizen lainnya.

Ini bukan pertama kali seorang penumpang China dihukum karena membuka pintu darurat tanpa alasan sah. Pada April 2018, seorang pria 25 tahun di Sichuan didenda 70.000 yuan setelah membuka pintu darurat demi mendapatkan udara segar.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close