DomestikHighlightHot NewsNews

Butuh Uang Banyak Untuk Jadi Pilot

Infopenerbangan.com, Belum selesai permasalahan 900 orang lulusan pilot yang menganggur. Infopenerbangan.com mendapatkan kabar buruk bahwa terdapat beberapa maskapai penerbangan di Indonesia memungut bayaran untuk biaya rating pilot.

Dikatakan oleh Ketua IPI Captain Bambang Adisurya, Garuda Indonesia sempat mematok biaya training kepada abinitio yang baru lulus tahapan seleksi namun digagalkan oleh APG (Asosiasi Pilot Garuda), dan IPI pun tidak setuju jika lulusan pilot ini harus bayar rating sendiri.

“Seperti yang sudah disampaikan ke stakeholder : IPI tidak setuju jika abinitio harus bayar sendiri,” Ujarnya saat dihubungi Infopenerbangan.com, Sabtu (27/08/2016).

Disampaikan pula bila dipaksakan maskapai yang tidak butuh pilot tapi harus menambah pilot, maka berlaku hukum ekonomi (modal kerja terlalu besar), maskapai terlalu banyak pilot dan disamping itu tentunya mereka juga harus mematuhi UU penerbangan dan tenaga kerja yang berlaku.

“Namun permasalahannya sekarang, maskapai mana yang masih butuh pilot? Karena kebutuhan pilot tiap maskapai sudah dihitung dengan komposisi yang pas agar menguntungkan dalam bisnis transportasi,” kata Captain Bambang berkomentar akan permasalahan tersebut. (fd)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close