InternasionalNews

CHINA LUNCURKAN PESAWAT C919 BUATAN COMAC

InfoPenerbangan,- China telah resmi mengumumkan pengiriman pertama pesawat penumpang terbaru mereka, pesawat ini diharapkan bisa menyaingi model produksi asing, seperti Boeing 737 MAX dan Airbus A320.

Menurut laporan media pemerintah, model pertama dari jet 164 penumpang secara resmi diserahkan kepada China Eastern Airlines dalam sebuah upacara di bandara Shanghai.

“Langkah ini menandai tonggak penting dalam pengembangan industri pesawat terbang China,” kata lembaga penyiaran negara CCTV seperti dilansir dari AFP Senin (12/12/2022).

Rekaman yang disiarkan oleh saluran CCTV menunjukkan jet dengan lambang China Eastern di bandara yang dilanda hujan dan juga memberikan pandangan sekilas ke dalam kabin pesawat.

“Perusahaan Pesawat Komersial China (COMAC) milik negara memberi maskapai penerbangan ‘kunci peringatan’ untuk C919 pertama di dunia”, CCTV melaporkan.

COMAC mengumumkan pada pertunjukan udara bulan lalu bahwa mereka telah mendapatkan pesanan 300 jet C919, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang nilai penawaran atau tanggal pengiriman.

COMAC hanya menyatakan jumlah pesanan itu akan bertambah jadi 1.100 jika kesepakatan awal berhasil.

C919 merupakan pesawat penumpang pertama yang memiliki badan ramping dan bisa mengangkut 164 penumpang.

Pesawat produksi China ini disebut-sebut dapat menjadi saingan Boeing 737 MAX dan Airbus A320.

Sejak 2019, China melarang terbang Boeing 737 MAX setelah pesawat model itu mengalami sejumlah kecelakaan fatal.

Namun pada Juli, Boeing menyatakan pengiriman pesawatnya kemungkinan bakal mulai disetujui China tahun ini.

Meski begitu, ketegangan hubungan dagang antara China-AS yang berlarut-larut memicu perlambatan kesepakatan pengiriman Boeing 737 hingga Boeing 800. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close