Hot NewsInternasionalNews

China Perdana Terbangkan Pesawat Penumpang Pertamanya

Infopenerbangan,- Pesawat jet penumpang pertama buatan China C919 menjalankan terbang perdananya pada Jumat (5/5/2017), menandai masuknya industri penerbangan China ke dalam kancah internasional.

Seperti dilansir AFP, Jumat (5/5/2017), pesawat penumpang dengan dominasi warna putih dilengkapi garis hijau dan biru itu disebut jet C919. Pesawat itu lepas landas dari Bandara Internasional Pudong, Shanghai, dengan diiringi sorakan ribuan orang yang hadir. Sekitar 80 menit kemudian, C919 berhasil mendarat di bandara yang sama.

Dibangun perusahaan dirgantara milik negara Perusahaan Pesawat Komersial China (COMAC), pesawat ini mewakili upaya pemerintah China selama hampir satu dekade untuk mengurangi ketergantungan terhadap Eropa dan Amerika Serikat.

Uji terbang ini menjadi penanda semakin meningkatnya ambisi dan kemampuan teknis China. Uji terbang ini dilakukan satu minggu setelah China meluncurkan kapal induk pertama buatan dalam negeri. China juga melabuhkan sebuah pesawat kargo luar angkasa ke laboratorium luar angkasa.

C919 dengan mesin ganda ini mampu menampung 168 penumpang. Pesawat penumpang ini memiliki jangkauan terbang sejauh 5.555 kilometer. Setelah lolos uji terbang, C919 masih harus menjalani sederet tes sebelum mendapatkan sertifikat kelayakan terbang dari pemerintah China.

Dilaporkan sudah ada 570 pemesanan untuk C919, yang semuanya berasal dari maskapai domestik China. COMAC sejauh ini telah menyelesaikan dua pesawat untuk uji terbang. Diharapkan empat pesawat lainnya akan diselesaikan pada tahun 2019 mendatang. (*/NP)

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close