Domestik

CITILINK PERTAMA YANG AKAN TERBANG DARI YIA

Infopenerbangan.com – Citilink menjadi maskapai penerbangan pertama yang akan beroperasi di Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Citilink mengalihkan satu rute penerbanga dari Bandara Halim Perdana Kusuma ke YIA.

Dikatakan oleh VP Network Management PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Teten Wardaya, pihaknya akan mendaratkan pesawat penumpang Citilink di YIA pada 6 Mei 2019 sekitar pukul 11.30 WIB.

“Citilink sudah berkoordinasi dengan AP I melakukan penerbangan ini,” kata Teten, Senin (29/4/2019).

Menurut Teten, Citilink selalu menjadi pelopor bagi bandara yang baru dibuka. Citilink melakukan penerbangan perdana dua kali di Kertajati dan Samarinda, rencananya kali ketiga di YIA ini. Teten memastikan, sebagai perusahaan negara, langkah ini merupakan dukungan kepada AP I.

Lebih lanjut Teten mengatakan, sebelum beroperasi pada 6 Mei 2019 nanti, mereka akan melaksanakan penerbangan uji coba tanpa penumpang dari Bandara Soekarno-Hatta ke YIA pada 2 Mei 2019. Mereka terbang dengan menggunakan pesawat Airbus 320.

“Tanpa penumpang, tapi beberapa tim penilai semacam petugas yang mengaudit. Ini prosedur yang harus dilakukan bagi penerbangan komersil,” kata Teten.

Saat ini Citilink masih dalam proses pengurusan rute dan slot penerbangan ke Kementerian Perhubungan, melalui Direktorat Jenderal Udara.

“Setelah izin rute turun, pada 6 Mei, Citilink melakukan penerbangan pertama dan menyosialisasikan kepada pengguna jasa pesawat,” katanya.

Berbeda dengan Citilink, pihak Lion Group belum bisa memastikan kapan pesawatnya mulai beroperasi di YIA. Lion masih melakukan analisis pasar demi memastikan bahwa armadanya akan beroperasi juga di YIA.

“Tidak menutup kemungkinan, kalau pasar di Bandara Internasional Yogyakarta sangat tinggi, maka bisa saja dibuka juga,” kata Manager Lion Air Group DIY dan Jawa Tengah, Widi Wiyati.

Menurut Widi, pihaknya masih mengurus pengajuan rute dan slot ke Kementerian Perhubungan. (*)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close