Ragam

DESEMBER 2019 BANDAR UDARA INTERNASIONAL TORAJA SIAP BEROPERASI

Infopenerbangan.com – Pembangunan Bandar Udara Internasional Toraja Buntu Kunik, Tana Toraja, Sulawesi Selatan bakal memajukan pariwisata setempat karena akses menuju destinasi Tana Toraja semakin mudah. Untuk itu, pemerintah menargetkan pembangunan Bandar Udara Internasional Toraja Buntu Kunik, Tana Toraja, Sulawesi Selatan bakal rampung pada Desember 2019.

Menurut Perwakilan Kementerian Perhubungan, Anas, pembangunan Bandar Udara Buntu Kunik akan dimaksimalkan sesuai dengan permintaan Gubernur Sulawesi Selatan, dengan panjang landas pacu mencapai 2.600 meter. Namun, untuk tahun 2019 anggaran hanya cukup untuk 1.400 meter untuk melayani pesawat sejenis ATR 72.

“Targetnya kita itu selesai Desember tahun 2019. Mudah-mudahan tidak ada kendala Desember ataupun awal Januari kita sudah beroperasi,” kata Anas, Kamis (22/8/2019).

Untuk terminal Bandar Udara Buntu Kunik dibangun dengan seluruh fasilitas lainnya dengan alokasi anggaran Rp 80 miliar. 

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah mengatakan pembangunan Bandar Udara Internasional Toraja sudah berjalan dengan baik sesuai harapan. Namun pekerjaan terlebih dahulu dikerjakan satu jalur dengan panjang 1.400 meter landasan. 

“Kita sudah 1.400 landasan dari dua sisi, tapi kita kerjakan satu sisi dulu. Tapi kita berharap selesai tender ini kita bisa tambahkan supaya rampung dua jalur,” ujarnya.

Kedepan, Nurdin ingin pembangunan Bandar Udara Internasional Toraja Buntu Kunik ini dengan panjang landasan 2.600 meter. Tujuannya, supaya bisa digunakan pesawat jet untuk mendarat.

“Nah kalau Bandara ini selesai, ini menjadi salah satu pemicu orang akan berinvestasi, bangun hotel, restoran, mall, semuanya akan berkembang,” katanya. Nurdin optimistis kehadiran bandara ini akan mendongkrak pariwisata di Toraja. (*)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close