DomestikNewsRagam

Desember, Bandar Udara Warukin Siap Beroperasi

infopenerbangan.com – Menjelang peresmian bandar udara (bandara) Warukin pada Desember, pemerintah daerah setempat terus berbenah, Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalog beserta Konsultan Kementerian Perhubungan dan Konsultan dari PT. Penraya Valencia menggelar pertemuan terkait Rencana Teknik Terinci (RTT).

Rencananya bandara akan melakukan penerbangan perdana dari Banjarmasin – Tanjung, sekaligus soft opening Bandara Warukin yang bertepatan pada Hari Jadi Kabupaten Tabalong ke-52  pada 4 Desember 2017.

Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani berharap dengan beroperasinya Bndara Warukin bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Tabalong dan memudahkan masyarakat Tabalong dalam menghemat waktu untuk bepergian, baik ke Banjarmasin, Surabaya, maupun Jakarta.  “Bandara ini bisa dimanfaatkan warga kita, dan nantinya membantu warga kita yang memiliki tugas pekerjaan di luar kota,”  katanya.

Saat ini, bandara Warukin telah mengalami peningkatan, terminal bandara yang semula memiliki luas 245 meter persegi, kini menjadi 7.200 meter persegi serta runway dari 1.400 meter menjadi 2.200 meter.

Rencananya, Bandara Warukin akan melayani penerbangan Tanjung- Jakarta, Tanjung – Surabaya, Tanjung – Banjarmasin, Jakarta – Tanjung, Surabaya – Tanjung, Banjarmasin-Tanjung, dengan jenis pesawat ATR72.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Kepada Dinas Perhubungan Imam Fahrullazi setelah menghadiri penandatangan memorandum of understanding (MoU) bersama PT. Pelita Air Service terkait kerja sama operasi. “Jadi rencananya itu, dimana dalam sehari itu ada sembilan jam penerbangan dengan menggunakan pesawat Pelita Air,” katanya.

Bahkan ke depannya, rencananya akan dilakukan pembangunan bandara yang lebih besar dan runway yang lebih panjang dan lebar untuk meningkatkan jenis pesawat dari ATR72 menjadi Boeing. “Apabila animo masyarakat tinggi maka akan kita tingkatkan” ucapnya. (*/Eky Fajrin)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close