Hot News

DISAMBUT MERIAH! PESAWAT TERBESAR DI DUNIA MENDARAT PERTAMA KALINYA DI INDONESIA

Infopenerbangan,- Pesawat penumpang terbesar di Dunia A380-800 mendarat pertama kalinya di Indonesia tepatnya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Kamis sore (1/6). Hal ini menjadi sejarah bagi penerbangan Indonesia karena kali pertamanya pesawat komersial super jumbo itu mendarat di Pulau Dewata. 

Pesawat komersil dengan nomor penerbangan EK368 itu berangkat dari Bandara Internasional Dubai pada Kamis pukul 03.49 waktu setempat dan tiba di Bali pada Kamis Pukul 16.35 WITA dengan mengangkut 482 penumpang. 

Kemudia, pesawat A380 dengan penerbagan EK369 dijadwalkan berngakta kembali dari Bali pada 19.40 WITA dan tiba di Dubai pada 00:45 waktu setempat. 

Pendaratan tersebut menandakan dimulainya penerbangan reguler Denpasar-Dubai yang akan dilayani oleh Emirates. 

M. Kristi Endah Murni, Direktur Jenderal Perhubungan Udara mengungkapkan bahwa pesawat berbadan lebar (Wide Body) yang terdiri dari dua lantai ini merupakan satu dari penerbangan regular rute Dubai – Denpasar PP yang akan membawa 460 penumpang. 

“Kami menyambut baik dan mengapresiasi terselenggaranya penerbangan perdana pesawat Emirates yang melayani rute Dubai menuju Pulau Dewata. Tentunya akan membawa dampak positif bagi penerbangan Indonesia, dan dapat dukungan peningkatan perekonomian dan pariwisata di Indonesia,” Ujar Kristi. 

Lebih lanjut, Kristi mengatakan untuk menyambut kedatangan pesawat A380-800, pihaknya melalui Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV dan seluruh stakeholder penerbangan serta pihak terkait lainnya, sudah melakukan persiapan dan pengecekan fasilitas sarana dan prasarana baik sisi udara maupun sisi darat. 

Kedatangan pesawat terbesar di dunia ini menjadi tamu istimewa bagi indonesia dan disambut meriah menggunakan meriam air (water cannon) saat mendarat. Pendaratan pertama pesawat A380 di Indonesia tersebut disambut oleh Duta Besar Uni Emirat Arab untuk Indonesia, YM Abdulla Salem Aldhaheri dan Senior Vice President, Commercial Operations, Far East Emirates Orhan Abbas. 

Dilansir dari kumparan, seremoni dihadiri oleh Staf Khusus untuk Urusan Ekonomi dan Investasi Transportasi Wihana Kirana Jaya, Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni Made Ayu Marthini, Direktur Utama PT  Angkasa Pura I Faik Fahmi, Gubernur Bali I Wayan Koster, dan Chief Executive Officer (CEO) VFS Global Zubin Karkaria.

Orhan Abbas menyampaikan pihaknya sangat bahagia armada A380 milik Emirates akhirnya tiba di Bali. Sejarah penerbangan di Indonesia ini sudah melalui tahap perencanaan yang cukup lama selama berbulan-bulan.

“Awal beroperasinya A380 di Indonesia juga memaknai perpanjangan komitmen kami pada pasar Indonesia, serta pembuktian kerja sama yang semakin kuat dengan otoritas bandara I Gusti Ngurah Rai dan pemerintah lokal,” ujarnya saat seremoni, Rabu (1/6).

Dia melanjutkan, penerbangan Dubai-Denpasar menggunakan armada superjumbo tersebut juga sekaligus merupakan respons tingginya permintaan perjalanan internasional sebagai salah satu dari dua layanan harian Emirates ke pulau Bali.

Faik Fahmi menambahkan pihak Angkasa Pura I berharap momentum bersejarah ini dapat menjadi katalisator bagi proses pemulihan pariwisata dan perekonomian Bali dan juga nasional.

“Ini merupakan tonggak sejarah yang membanggakan bagi industri penerbangan di Indonesia pada umumnya, serta bagi Angkasa Pura I khususnya,” Ujar Faik. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close