DomestikHot NewsNews

Dukung Keselamatan Penerbangan, Angkasa Pura II Adakan Training Khusus Avsec Wanita

Infopenerbangan,- PT Angkasa Pura I (Persero) bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI dan Transportation Security Administration (TSA) mengadakan kegiatan Training Aviation Security Screener for Female di Novotel Bali Airport, Badung, Bali, yang dimulai pada Kamis hingga Jumat, 24-25 Agustus 2017 lalu.

Pelatihan yang diikuti oleh 30 personil avsec wanita ini diadakan untuk meningkatkan kewaspadaan dan ketelitian dalam mengidentifikasi tindakan teror di bandara seperti mengidentifikasi pelaku teror, khususnya aksi teror bunuh diri yang dapat mengancam keamanan dan keselamatan penerbangan.

“Mengingat beberapa tahun terakhir ini terjadi beberapa aksi teror di bandara. Karenanya, sangat penting bagi kami selaku pengelola bandara untuk terus melakukan meningkatkan kemampuan, pembaharuan, dan meng-update teknologi yang terus berkembang,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura I Danang S. Baskoro.

“Kami sangat mendukung pelatihan ini dan berharap dapat menyerap pengetahuan dan pengalaman dari TSA,” imbuh General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Yanus Suprayogi.

Transportation Security Administration (TSA) merupakan badan pemerintah Amerika Serikat yang bertanggung jawab dalam masalah keamanan penerbangan. Tahun 2005 silam, TSA telah melakukan penilaian keamanan di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, dan pada 2007 bandara ini dinyatakan comply atau memenuhi seluruh aspek keselamatan yang dipersyaratkan.

Dengan demikian, hingga saat ini Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali menjadi satu-satunya bandara di Indonesia yang secara aspek keamanan telah dinyatakan comply oleh dua institusi keamanan terkemuka luar negeri, yaitu Transportation Security Administration (TSA) Amerika Serikat dan dan Office of Transport Security (OTS) Australia. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close