Internasional

GARUDA ALIHKAN PENERBANGAN DI WILAYAH UDARA TIMUR TENGAH

Infopenerbangan – Meningkatnya eksalasi konflik di wilayah Irak, Iran, Teluk Persia dan Teluk Oman, membuat maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia mengalihkan rute penerbangan tersebut.

Terkait hal tersebut, Kementerian Perhubungan menerbitkan Surat Direktur Jenderal Perhubungan Udara No. AU.008/1/2/DRJU.DAU/2020 pada 8 Januari 2020 perihal Peringatan Overflying, mengingatkan kepada badan usaha angkutan udara (BUAU) untuk berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan apabila melintas dan berencana melintasi wilayah udara di Timur Tengah seperti Irak, Iran, Teluk Persia, dan Teluk Oman.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B. Pramesti, menghimbau agar seluruh maskapai nasional meningkatkan kewaspadaan apabila melintasi dan berencana melintasi wilayah udara di beberapa negara Timur Tengah. Regulator akan akan selalu memantau dan mengawasi seluruh maskapai nasional yang melakukan penerbangan internasional.

Sementara Pejabat Direktur Operasi Garuda Indonesia, Tumpal M. Hutapea mengatakan “Garuda Indonesia menyesuaikan jalur penerbangan dari dan menuju Eropa dari yang sebelumnya melewati wilayah udara Bucharest dialihkan ke wilayah udara Mesir dan Yunani.

“Dengan demikian seluruh layanan operasional Garuda Indonesia pada rute tersebut tetap berlangsung normal seperti biasa,” kata Tumpal.

Maskapai nasional Garuda Indonesia memastikan bahwa jalur udara untuk rute penerbangan dari dan menuju Eropa tidak melewati kawasan udara Iran dan sekitarnya menyusul adanya larangan terbang yang dikeluarkan Otoritas Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA) pasca ketegangan yang tengah terjadi di kawasan tersebut.

“Kami akan terus memantau secara intensif perkembangan lebih lanjut kondisi tersebut serta berkoordinasi bersama seluruh pemangku kepentingan terkait dalam memastikan aspek safety & security layanan operasional Garuda Indonesia tetap terjaga”, tutup Tumpal. (*)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close