NewsUncategorized

GARUDA BAKAL RIGHT ISSUE DI SEMESTER II, INI TAHAPANNYA!

InfoPenerbangan,- Terhitung beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan melakukan sejumlah aksi korporasi besar, salah satunya yaitu PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Garuda akan melakukan dua kali rights issue.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan rights issue akan dilakukan apabila penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) mencapai perdamaian.

Rights issue pertama dilakukan terkait penyertaan modal negara (PMN) tahun 2022 sebesar Rp 7,5 triliun dari cadangan pembiayaan investasi, pembiayaan operasional dan pendanaan restrukturisasi selama tahun 2022-2023.

“Insyaallah apabila proses PKPU bisa mencapai perdamaian dan homologasi kita melakukan dua kali rights issue. Rights issue pertama adalah proses meng-inject Rp 7,5 triliun yang dari porsi pemerintah untuk porsi awal restrukturisasi Garuda,” katanya dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Selasa (7/6/2022).

Kemudian, tahap kedua pendanaan dari mitra strategis sehingga kepemilikan pemerintah menjadi 51 persen.

“Kemudian, akan rights issue di tahap kedua kuartal IV/2022 awal untuk tambahan dana dari investor strategis sebagaimana diketahui, keputusan panja terakhir akan membatasi porsi pemerintah tetap di 51 persen total kepemilikan saham Garuda Indonesia,” paparnya.

Terakhir, pemerintah juga mengawal rights issue PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. (KRAS). Namun saham baru KRAS tidak akan serap oleh pemerintah.

Dengan demikian, porsi kepemilikan pemerintah dapat berkurang dari 80 persen menjadi 60 persen.

“Rights issue ini dipakai untuk dana pengembangan usaha yang akan terjadi tanpa partisipasi pemerintah, harapannya publik akan mengambil porsinya tanpa partisipasi pemerintah,” katanya.

BUMN Lain Rights Issue

Wakil Menteri II BUMN Kartiko Wirjoatmodjo menjelaskan setidaknya ada 6 BUMN yang sudah melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang bakal menerbitkan saham baru dengan skema hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue.

Emiten yang bakal melakukan rights issue yakni PT Semen Indonesia (Persero) Tbk terkait pengalihan saham pemerintah di PT Semen Baturaja (Persero) ke Semen Indonesia. Kemudian PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk terkait PMN 2022.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close