DomestikHot NewsNews

Gunung Dukono Meletus, Bandara Galela Dihimbau Waspada

Infopenerbangan,- Meningkatnya aktivitas Gunung Api Dukono di Halmahera Utara, membuat Otoritas Bandar Udara Gamarmalamo Galela diminta untuk lebih waspada. Terhitung Gunung Dukono telah meletus sebanyak 54 kali.

Sarjan Roboke, Pengamat Gunung Api Dukono, Halmahera Utara mengatakan, Gunung Api Dukono terpantau terus mengeluarkan abu vulkanik dengan intensitas tebal setinggi 300-800 meter. Gunung Dukono bahkan teramati 54 kali terjadi letusan dengan amplitudo 4-34 milimeter, durasi 20.32-64.55 detik, seperti dikutip dari tempo.co.

“Terdengar juga bunyi gemuruh dengan intensitas lemah. Bahkan terjadi 5 kali gempa Tektonik jauh dengan amplitudo 7-27 milimeter serta gempa tremor menerus dengan amplitudo 0.5-26 milimeter,” kata Sarjan, Jumat 30 Juni 2017.

Anang, salah satu petugas bandara Gamarmalamo Galela, Halmahera Utara mengatakan, aktivitas gunung Dukono belum sampai berdampak pada penutupan Bandara Gamarmalamo Galela. Aktivitas Bandara masih normal dan masih melayani penerbangan perintis. “Tetapi memang aktivitas bandara terus menyesuaikan dengan kondisi aktivitas Gunung Dukono. Dan kami juga ikut memantau,”ujar Anang. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close