Hot NewsInternasionalNews

Imbas Tiga Hal Ini, Laba Emirates Anjlok

Infopenerbangan – Maskapai Penerbangan asal Dubai, Emirates mengalami penurunan laba sebesar 82,5 persen pada tahun fiskal 2016-2017. Penurunan tajam itu disebabkan oleh adanya persaingan sengit, devaluasi mata uang, dan kebijakan pembatasan perjalanan oleh pemerintah AS.

Laba bersih bisnis penerbangannya turun menjadi 340 juta dolar AS hingga 31 Maret 2017. Dilansir dari Republika, jumlah tersebut turun dari 1,9 miliar dolar AS pada 12 bulan sebelumnya dan menjadi penurunan laba pertama dalam lima tahun.

“Penurunan tersebut merupakan hasil dari kenaikan dolar AS yang tanpa henti terhadap mata uang di pasar utamanya dan tekanan harga tiket karena persaingan yang ketat,” kata Emirates.

Kepala perusahaan Emirates Sheikh Ahmed bin Saeed al-Maktoum menambahkan, kondisi dunia yang tidak stabil juga telah memengaruhi permintaan perjalanan udara di sepanjang tahun. Kondisi tersebut disebabkan oleh beberapa peristiwa, seperti Brexit, serangan teror di Eropa, dan pembatasan perjalanan ke AS untuk tujuh negara mayoritas Muslim di Timur Tengah.

Pada April, Emirates mulai mengurangi 20 persen dari 126 penerbangan mingguannya ke AS, yang telah menjadi salah satu pasar potensial maskapai ini. Hal itu dilakukan karena adanya penurunan permintaan, setelah pemerintahan Presiden AS Donald Trump mengeluarkan langkah-langkah keamanan yang lebih ketat.
John Strickland, konsultan penerbangan yang berbasis di Inggris, berharap Emirates dapat terus mengendalikan pertumbuhannya dalam jangka pendek dan menengah. Terlepas dari tantangan yang dihadapi, maskapai ini tercatat telah membawa 56,1 juta penumpang pada tahun fiskal 2016-2017, naik delapan persen dari tahun sebelumnya. (*/Eq)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close