HighlightRagamUncategorized

INACA Minta Rute Perintis Diproteksi Pemerintah Selama 3 Tahun

Infopenerbangan.com, -Indonesia National Air Carriers Association (INACA) meminta pemerintah memberikan proteksi terhadap maskapai yang membuka rute penerbangan perintis (virgin route) selama tiga tahun.

“Kami minta untuk memproteksi penerbangan virgin route ini selama tiga tahun. Jadi, jangan kasih orang lain masuk sebelum tiga tahun. Selama ini tidak seperti itu. Biasanya ada penerbangan baru, baru satu maskapai terbang, ada yang masuk lagi penerbangan lain,” kata Sekretaris Jenderal INACA Tengku Burhanuddin.

Tengku Burhanuddin mengatakan, pemerintah seharusnya melindungi operator yang berani membuka rute baru yang sebelumnya tidak pernah ada penerbangan. Seperti dilansir Beritasatu, badan usaha angkutan udara (BUAU) itu membantu pemerintah dalam menciptakan konektivitas. Bila tidak ada perlindungan yang tegas, sejumlah operator enggan membuka rute perintis baru.

Masih kata Tengku Burhanudin,  waktu tiga tahun adalah waktu yang dirasa sesuai untuk melindungi maskapai dari kerugian akibat membuka rute baru. Menurut Tengku, rata-rata maskapai itu mengalami kerugian selama delapan bulan pertama dalam mengoperasikan rute perintis. Maka dari itu, kondisinya akan semakin parah apabila regulator memperkenankan operator lain masuk ke rute tersebut.

“Biasanya, baru dia terbang enam bulan, pasarnya sudah mulai bagus. Tapi, ditambah lagi airline lain masuk, jadi bersaing,” ungkap Tengku. (*/eq)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close