DomestikHot NewsNews

Indonesia Kurangi Gas Karbon Penerbangan Domestik dan Internasional

Infopenerbangan,- Indonesia berkomitmen mengurangi gas karbon pada penerbangan domestik maupun internasional. Hal itu sebagai kontribusi nyata untuk eliminasi emisi udara dari penerbangan.

Adapun sejumlah langkah Action Plans terus di update setiap tahunnya untuk memonitor progres implementasi dari setiap upaya mitigasi

“Saat ini Indonesia juga sedang melakukan up-date Action Plans dan berharap dapat segera disampaikan ke ICAO lagi,” kata Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Agus Santoso, saat membuka Regional Seminar on States’ Action Plans and Carbon Off setting and Reduction Scheme for International Aviation (CORSIA), di Jakarta, Senin (10/04).

Diungkapkan oleh Agus, beberapa upaya mitigasi telah dilakukan Indonesia dalam mendukung perlindungan lingkungan, utamanya untuk mereduksi emisi udara dari dunia penerbangan. Upaya tersebut antara lain, menyusun kebijakan, prosedur dan pengembangan SDM.

Komitmen itu, kata Agus, diantaranya melalui pesawat terbang. Agus mengatakan, Indonesia berkomitmen mereduksi pengotoran udara yang berasal dari bahan bakar avtur.

Kemudian dari sisi navigasi, Agus menuturkan, pemerintah akan mengoptimalkan penggunaan rute. “Kemudian dari segi navigasi kita mulai mengaplikasi performace best navigation ini di antaranya dengan optimalisasi rute, flight procedur-nya dibuat simplifikasi,” ujar dia.

Begitu juga dengan bandara atau airport. Pemerintah Indonesia sendiri mengusung konsep green airport yakni dengan pengurangan energi  serta penggunaan material yang ramah lingkungan. (*/Rf)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close