DomestikHighlight

Ini Cara Mudah Mendapatkan E-ticket Tanpa ‘Tipu-Tipu’

Bagi Anda yang lebih memilih pesawat terbang sebagai moda transportasi utama dalam perjalanan bisnis maupun wisata, membeli tiket penerbangan langsung di bandar udara (sebelum ditutup) tentu menjadi pilihan utama. Terlebih bila dilakukan di saat last minutes menjelang keberangkatan ke kota tujuan.

Namun sayang, kini hal itu tidak lagi bisa Anda lakukan lantaran pemberlakuan peniadaan loket tiket di bandar udara. Dengan demikian, Anda mau tidak mau harus mulai terbiasa dengan pemesanan tiket online atau sering disebut dengan E-ticket.

E-ticket merupakan singkatan dari electronic ticket, atau tiket elektronik dalam bahasa Indonesia. Jika beberapa tahun silam tiket masih berwujud buku dan dapat dilihat bentuk fisiknya, namun yang menjadi tren saat ini adalah tiket yang berwujud elektronik.
E-ticket berisi data rincian perjalanan Anda. Dalam sebuah E-ticket sudah tercantum informasi yang lengkap dari penerbangan, yaitu nomor tiket, syarat dan ketentuan, harga dasar tiket dan pajak, peraturan mengenai pembatalan dan pengembalian uang (refund), tempat pembelian tiket elektronik, dan ketentuan bagasi.

Apa yang harus dilakukan untuk melakukan pemesanan E-Ticket?

Pastikan rencana penerbangan Anda
Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum hunting for online ticket adalah Anda harus memastikan dengan matang rencana penerbangan Anda. Termasuk tanggal keberangkatan dan kepulangan, jenis perjalanan – one way atau return, kota tujuan, dan maskapai yang akan digunakan.

Buka situs-situs populer online ticketing.
Langkah berikutnya, pastikan Anda menelusuri situs-situs populer yang menawarkan pemesanan online ticketing. Di tahap ini, Anda juga dapat mengakses situs resmi maskapai yang akan Anda gunakan dalam penerbangan Anda guna mencari perbandingan harga terbaik dan terekonomis. Beberapa di antaranya Traveloka.com, Uticket.com, nusatrip.com, dan lain sebagainya.

Download dan instal aplikasi online ticketing yang ditawarkan pada situs terkait.
Beberapa maskapai penerbangan menyediakan aplikasi yang dapat didownload pada smartphone Anda melalui Google Play (Android) maupun App Store (Apple). Hal itu tergantung pada maskapai apa yang akan Anda gunakan nantinya. Demikian juga dengan situs-situs online pemesanan tiket, misalnya Traveloka.com dalam Traveloka App. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan Anda dalam melakukan reservasi tiket kapan dan di mana pun Anda berada.

Subscribe by Email
Subscribe by email pada dasarnya adalah bahwa Anda menyetujui untuk berlangganan newsletter dan info terkait promo harga yang pastinya akan membuat harga tiket Anda menjadi semakin ‘miring’.

Order and Reserve
Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah reservasi tiket penerbangan Anda sebagaimana rencana Anda. Pastikan dengan benar nama dan email pemesan, nama penumpang, rute penerbangan, dan detail lainnya terkait perjalanan Anda. E-ticket akan dikirimkan melalui email yang tertera pada saat pemesanan. So, make it right and enjoy your flight!

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close