DomestikHighlightHot NewsNewsUncategorized

Penutupan Sementara Bandara Adisutjipto Yogyakarta

Infopenerbangan.com.- Yogyakarta, 1 Februari 2017,- Peristiwa tergelincir (overshoot) dialami oleh pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA258 dengan nomor registrasi PK GNK rute Cengkareng menuju Yogyakarta pada pukul 19.50 WIB di Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Atas peristiwa tersebut Dirjen Perhubungan Udara telah menerbitkan Notice to Airman (NOTAM) penutupan sementara Bandara Adistutjipto No. B0740/17 dari pukul 20.06 sampai dengan 23.00 WIB.

infopenerbangan.com/Garuda Indonesia
infopenerbangan.com/Garuda Indonesia

“Pesawat overshoot saat mendarat di runway 09 dalam kondisi cuaca hujan deras. Total 126 penumpang pesawat yang terdiri 115 penumpang dewasa, 4 balita dan 7 orang crew termasuk Captain Triyo Kurnia Bahagia dipastikan aman, selamat dan tidak ada yang terluka. Seluruh penumpang GA 258 segera mendapatkan pemeriksaan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) setelah di evakuasi,” ujar Israwadi, Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero).

Akibat kejadian tersebut, beberapa penerbangan mengalami keterlambatan (delay), alih pendaratan (divert) dan kembali ke bandara asal (return to base), di antaranya: GA 215 tujuan CGK; NM 275 tujuan PNK; IW 1817 tujuan SUB; GA 677 tujuan UPG; JT 755 tujuan BDG; SJ 235 tujuan CGK; XN 832 tujuan PNK. PT Angkasa Pura I (Persero) membuka bandara Adi Soemarmo Solo sebagai pengalihan pesawat yang akan mendarat di Yogyakarta. Angkasa Pura I juga menyiapkan armada transportasi darat bagi penumpang yang terdampak dari penutupan sementara bandara Adisutjipto dari Yogyakarta ke Solo maupun Solo ke Yogyakarta.

“Saat ini kami akan melakukan koordinasi dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT)  untuk proses investigasi lebih lanjut terkait insiden ini, serta menyiapkan peralatan salvage & tim dari Surabaya untuk membantu proses evakuasi badan pesawat. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang disebabkan selama proses evakuasi dan ditutupnya bandara Adisutjipto ini untuk sementara,” ujar Israwadi. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close