DomestikHighlight

Ini Data Kebutuhan SDM Penerbangan Saat Ini

Bekerja di dunia penerbangan saat ini memang memiliki potensi untuk dapat hidup sejahtera, dengan sekolah yang cukup singkat, gaji bisa selangit. Demikian slogan yang banyak terdengar di masyarakat.

Beragam profesi dunia penerbangan, namun hanya dua yang dikenal, pilot dan pramugari, padahal selain itu masih banyak yang terlibat dalam industry penerbangan. Diantaranya yakni teknisi, pengatur lalulintas udara, pilot darat, dan lainnya. Saat ini profesi itu menjadi peluang yang dapat terus tumbuh seiring dengan perkembangan moda transportasi udara yang dari tahun ke tahun terus menanjak, dan diminati masyarakat,oleh karena itu dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang “mumpuni” di bidangnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji membangkitkan kembali kejayaan industri penerbangan atau kedirgantaraan Indonesia dengan memberikan dukungan dan insentif kepada industri tersebut.

“Yang jelas dana-dana riset akan diperbesar sehingga dalam jangka panjang bisa diwujudkan sebuah produk yang secara ekonomi bisa digunakan oleh masyarakat,” kata Presiden Jokowi.

Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara Yuli Sudoso Hastono menjelaskan Jumlah sekolah penerbang saat ini yang diapprove oleh Kemenhub ada 24. Patut diketahu, bahwa kebutuhan Pilot saat ini pertahun 770 orang, sedangkan tehnisi pesawat Udara 960 orang dan Air Traffic Control 726 orang. (Eky)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close