DomestikHighlight

Ini Dia Langkah Konkrit Angkasa Pura II Tingkatkan Layanan dan Keamanan

PT Angkasa Pura II (Persero) pada kuartal I/2015 mengimplementasikan solusi jangka pendek atau quick win guna peningkatan pelayanan dan faktor keamanan di bandara-bandara.
Terkait itu, Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang merupakan bandara tersibuk di Indonesia dipilih sebagai proyek percontohan penerapan solusi jangka pendek ini yang mencakup pembenahan arus lalu lintas kendaraan bermotor, keindahan estetika, kebersihan, dan pemanfaatan ruang di terminal.

Seperti telah diketahui, sejak 2 Februari lalu, PT Angkasa Pura II (Persero) melakukan pengubahan jalur akses kendaraan bermotor di Terminal 1 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, dimana pada jalur 1 yang dekat dengan curb side sekarang khusus diperuntukkan bagi kendaraan umum seperti taksi dan bus Damri. Sementara itu, mobil pribadi baik yang ingin parkir atau menurunkan penumpang harus masuk ke area parkir dengan ketentuan tarif parkir gratis dalam 15 menit pertama.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Budi Karya Sumadi mengatakan, “Setelah diterapkan sejak Februari lalu, pengubahan akses kendaraan bermotor ini cukup efektif dalam memperlancar lalu lintas. Bagi penumpang yang baru datang di bandara juga lebih mudah untuk mencari kendaraan umum apabila tidak dijemput.”

Selain membenahi akses lalu lintas, pengelola bandara juga menata ruang komersial di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Melalui penataan ini dilakukan penghapusan ruang komersial seluas 376 m2 guna memberikan ruang lebih untuk pergerakan penumpang.

Kebijakan ini cukup efektif sebagai solusi jangka pendek mengingat kapasitas yang dimiliki Bandara Internasional Soekarno-Hatta jauh dari yang dibutuhkan untuk menampung pergerakan penumpang.

“Penataan kios juga membuat terminal lebih tertata, dimana hal tersebut bagus secara estetika. PT Angkasa Pura II (Persero) selalu meningkatkan estetika diantaranya melalui penambahan-penambahan ornamen seperti bunga dan sebagainya, selain tentunya juga fokus pada kebersihan dan perbaikan penerangan serta signage,” jelas Budi Karya Sumadi dalam siaran persnya tertulisnya. (Fjn)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close