Ragam

INI JENIS PESAWAT KOMERSIAL YANG BANYAK DIPAKAI MASKAPAI INDONESIA

Infopenerbangan.com – Bepergian mengunakan sarana transportasi pesawat menjadi lebih nyaman karena waktu tempuh menjadi lebih cepat. Maskapai penerbangan komersial Indonesia banyak menggunakan empat jenis pesawat seperti Boeing, ATR, Airbus dan Bombardier.

Berikut penjelasan mengenai empat jenis pesawat tersebut:

Boeing

Boeing telah memproduksi lebih dari 6.000 unit pesawat di seluruh dunia. Jenis pesawat ini diproduksi di Chicago, Amerika Serikat, oleh perusahaan yang didirikan oleh William Edward Boeing, seorang pebisnis dan penebang kayu sukses.

Perusahaan Boeing memiliki dua divisi yakni Boeing Integrated Defense System (IDS) yang bertanggung jawab untuk produk militer dan angkasa, dan Boeing Commercial Airlines (BCA) untuk pesawat sipil.

Produksi Boeing yang paling laku adalah tipe Boeing 737 yang pertama kali dibuat tahun 1967. Di Indonesia, Boeing 737 menjadi standar armada bagi maskapai di Indonesia. Hampir semua maskapai penerbangan Indonesia menggunakan Boeing 737 dalam operasi penerbangan.

ATR

ATR berbasis di Prancis, merupakan perusahaan yang berfokus pada pengembangan bisnis pesawat komersial dengan tpe ATR42 dan ATR72 sejak tahun 1981.

Pesawat ATR72-600 telah digunakan oleh maskapai Garuda Indonesia dalam operasionalnya sehari-hari, terutama untuk rute-rute di Kalimantan (Balikpapan, Palangkaraya, Pontianak, dan Putusibau) sehingga transportasi di Kalimantan lebih cepat dan efisien seiring meningkatnya perdagangan dan perekonomian antar kata-kata tersebut.

Keunggulan dari pesawat komersial ATR72-600 adalah bisa menjangkau bandara kecil dengan landasan pacu kurang dari 1600 meter dan jarak tempuh kurang dari 900 NM.

Walaupun berkapasitas 70 penumpang dengan jarak kursi hanya 30 inci, interior kabin tetap terasa aman dan nyaman bagi penumpang karena di desain khusus oleh ahli modifikasi interior mobil sport, Giorgetto Giugaro dari Italia.

ATR72-600 juga diklaim hemat bahan bakar sekitar 50 persen dibandingkan pesawat lain yang sejenis dan memiliki jarak tempuh yang sama, sehingga biaya operasionalnya lebih rendah. Kantor pelayanan ATR di Singapura akan menjamin ketersediaan suku cadang utama, seperti baling-baling dan nosel bahan bakar.

Airbus

Airbus adalah pesawat komersial yang masuk kategori Mediun Range Aircraft yang dapat menempuh jarak antara 4 ribu hingga 10.400 kilometer.

Di Indonesia, maskapai penerbangan yang menggunakan tipe AirBus ini adalah Citilink (Airbus A320-200), Air Asia (Airbus A320-200 dan Airbus A320Neo), dan Garuda Indonesia (Airbus A330-200 dan Airbus A330-300). Karakteristik pesawat Airbus adalah badan pesawat yang sempit, serta memiliki kapasitas 150-180 kursi.

Bombardier

Pesawat jenis Bombardier diciptakan oleh Bombardier Aerospace yang merupakan bagian dari Bombardier Inc. Bombardier Inc merupakan perusahaan pesawat terbesar keempat di dunia dalam hal pengiriman tahunan pesawat komersial secara keseluruhan, dan terbesar ketiga dalam hal pengiriman tahunan pesawat terbang secara keseluruhan.

Di Indonesia, terutama untuk penerbangan di Timur Indonesia umumnya menggunakan pesawat yang lebih kecil. Garuda Indonesia memilih Bombardier CRJ untuk rute-rute penerbangan ke Indonesia bagian timur yang masih memiliki akses transportasi yang minim. (*)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close