Domestik

INI MASKAPAI DAN RUTE DOMESTIK YANG PINDAH KE BANDARA YIA

Infopenerbangan.com –Bandar udara Internasioal Yogyakarta atau Yogyakarta Internasional Airport (YIA) akan mulai beroperasi besok, Senin (29/42019). Hingga saat ini sejumlah persiapan dan infrastruktur telah dilakukan dan sudah mengantongi izin dari Kemenhub.

Pendaratan pertama sekaligus peresmian operasional minimum bandara YIA Kulonprogo akan dilakukan pada 29 April 2019. Namun untuk penerbangan internasional yang awalnya direncanakan bakal dioperasikan akhirnya dibatalkan. PT Angkasa Pura I justru akan menggelar penerbangan domestik di bandara baru itu.

Garuda Indonesia Group dan Air Asia Indonesia destinasi Jakarta-Yogyakarta. Lion Air Group rute dari Bali, Balikpapan, dan Batam

Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) I, Faik Fahmi mengatakan, awalnya memang direncanakan penerbangan internasional dulu yang akan dioperasikan di YIA karena bandaranya sudah siap. Hanya saja, seiring perkembangan waktu, dua maskapai penerbangan internasional yang semula akan menggelar operasi penerbangan di YIA, yakni Air Asia dari Malaysia dan Silk Air dari Singapura, malah belum siap.

“Ada sertifikasi yang harus diproses di negaranya dan mereka butuh waktu sampai 8 minggu untuk persiapan. Jadi, karena kita sudah siap ya kita pakai dulu untuk domestik. Penerbangan internasional tetap di Adisucipto. Sudah fix,” kata Faik, Kamis (25/4/2019).

Lebih lanjut menurut Faik, ada beberapa maskapai penerbangan domestik yang berminat untuk melakukan penerbangan komersial di YIA pada akhir April ini, yaitu Garuda Indonesia Group, AirAsia Indonesia, serta Lion Air Group yang akan membuka rute baru.

“Ada lima flight mudah-mudahan. Ini sekaligus untuk antisipasi musim Lebaran. Penerbangan komersial masih sesuai rencana dimulai 29 April,” kata Faik. (*)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close