Internasional

JEJAK TOPAN JEBI YANG MEMATIKAN

Infopenerbangan,- Topan terkuat yang menghantam Jepang dalam 25 tahun merobek di barat daya negara itu pada hari Selasa, menyebabkan sedikitnya tujuh orang tewas dan ratusan lainnya terluka, sementara menimbulkan malapetaka pada transportasi.

Puluhan warga Hongkong termasuk yang terlantar setelah angin kencang dan gelombang tinggi yang dilepaskan oleh Topan Jebi menutup Bandara Internasional Kansai – tersibuk ketiga di Jepang – dan menyebabkan kapal menabrak jembatan.

Tabrakan itu memutuskan jalan dan rel kereta api antara bandara dan pulau utama Honshu, dan meninggalkan 3.000 orang terdampar di banda.

Tokyo mengeluarkan saran evakuasi untuk lebih dari 1 juta orang sebagai Jebi, dinamai sesuai dengan kata Korea untuk “menelan”, membawa kematian dan kehancuran ke negara itu, yang telah dipukuli oleh hujan pembunuh, banjir, tanah longsor dan gelombang panas pemecah rekor ini. musim panas.

“Saya mendesak orang Jepang untuk mengambil tindakan untuk melindungi hidup Anda, termasuk mempersiapkan dan mengevakuasi lebih awal,” kata Perdana Menteri Shinzo Abe.

Dengan kecepatan angin hingga 216km / jam (135mph), Jebi adalah badai paling kuat sejak 1993, kata lembaga cuaca. Itu membuat pendaratan sekitar tengah hari, membanting ke barat negara itu, sebelum menyeberangi daratan.

Saat malam tiba, kapal itu menuju ke laut dari Ishikawa di Jepang tengah.

Tides di beberapa daerah adalah yang tertinggi sejak topan tahun 1961, kata media setempat, dengan banjir membanjiri landasan di Bandara Internasional Kansai di Osaka dan menyebabkan ratusan penerbangan dibatalkan.

Setidaknya 70 orang Hongkong di beberapa kelompok tur terjebak di Osaka, Dewan Industri Perjalanan Hong Kong (TIC) mengatakan.“ Menurut informasi yang kami kumpulkan dari operator tur utama Jepang, setidaknya ada tujuh grup tur, sekitar 170 penumpang, di Osaka sekarang.

“Di antara mereka, sekitar 70 penumpang dijadwalkan untuk kembali ke Hong Kong [pada Selasa] tetapi terdampar,” kata direktur eksekutif TIC Alice Chan Cheung Lok-yee. “100 dijadwalkan akan kembali dalam beberapa hari ke depan.

Jumlah total yang terpengaruh diperkirakan akan meningkat. ” Saluran hotline Departemen Imigrasi untuk Hong Kong yang mengalami kesulitan di luar negeri menerima panggilan dari orang-orang yang meminta informasi tentang bagaimana mencapai Bandara Kansai, tetapi tidak ada yang melaporkan berada dalam bahaya.

Maskapai utama Hong Kong, Cathay Pacific Airways, mengatakan Bandara Kansai telah ditutup “sampai pemberitahuan lebih lanjut”.

General manager pengiriman layanan bandara maskapai penerbangan, Patrick Yu, mengatakan bahwa wisatawan dapat memesan ulang, terbang ke tempat lain atau mendapatkan pengembalian uang.

Cathay mengatakan semua penerbangan 19 Selasa dan Rabu ke dan dari Osaka telah dibatalkan. Hong Kong Express mengikutinya, membatalkan 17 penerbangan.

Penerbangan ke kota-kota besar di Jepang dari Shanghai Pudong dan bandara Beijing Capital sebagian besar dibatalkan atau ditunda pada Selasa, menurut situs web penerbangan variflight.com.

Osaka adalah tujuan yang sangat populer bagi wisatawan China daratan dan Hong Kong. Hong Kong dan Shanghai masing-masing memiliki sekitar 19 penerbangan setiap hari ke Kansai.

Konsulat Jenderal China di Osaka mengeluarkan peringatan pada hari Senin, memperingatkan warga negaranya di Jepang untuk mengubah rencana perjalanan mereka dan menjauhkan diri dari daerah berbahaya.

Lebih dari 600 penerbangan domestik telah dibatalkan, menurut stasiun televisi Jepang NHK. Layanan feri dihentikan, seperti rute kereta peluru berkecepatan tinggi antara Osaka dan Hiroshima. Badai melumpuhkan Osaka, memaksa perusahaan menutup pabrik, sementara listrik diputus menjadi lebih dari 800.000 rumah dan kantor.

Secara total, sekitar 2,3 juta rumah tangga mengalami pemadaman karena badai. Seorang pria yang bekerja di sebuah gudang di Prefektur Shiga meninggal setelah gedung itu runtuh pada dirinya, sementara seorang pria lain jatuh ke kematiannya dari lantai dua sebuah rumah di Osaka, yang tampaknya tertangkap oleh embusan angin, kata polisi.

Beberapa orang terluka di Stasiun Kyoto ketika bagian dari langit-langit kaca runtuh. Badai itu membuat pendaratan di Shikoku, pulau utama terkecil, sekitar tengah hari. Ini menyapu di bagian barat Honshu, dekat kota Kobe, beberapa jam kemudian, menuju ke utara dengan cepat.

Tayangan televisi menunjukkan ombak menghantam garis pantai, lembaran logam jatuh di parkir mobil dan sebuah truk berputar di sisinya.

Orang-orang di Kobe melaporkan di Twitter bahwa angin mengguncang gedung apartemen mereka dan merobek cabang-cabang pohon.

Sementara Tokyo akan lolos dari badai terburuk, pihak berwenang memperingatkan angin yang sangat kuat dan hujan lebat di ibukota juga.

Sumber reuters associated press.

 

 

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close