DomestikHighlightHot NewsNews

Kapten Parhat Limi Sudah 15 ribu jam terbang di Papua

Infopenerbangan.com, –¬†Kapten Parhat Limi (56), pilot pesawat DHC 4 Turbo Caribou PK-SWW yang pada Senin (31/10) menabrak gunung di perbatasan Jila-Ilaga, sudah 20 tahun terbang di Papua demikian diungkap rekannya, Deputi Operasi maskapai Trigana Air Service Kapten Beni Sumaryanto.

“Kapten Parhat itu seorang pilot yang handal. Dia juga seorang instruktur yang jam terbangnya di Papua sudah di atas 15 ribu,” kata Beni.

“Beliau sudah 20 tahun terbang di Papua. Saya juga sudah terbang di sini sejak 1992,” kata Beni, yang mengenal dekat Kapten Pilot Parhat.

Beni dan Parhat sama-sama pilot senior di maskapai Trigana Air Service, seperti diberitakan Antara, keduanya sudah 20 tahun bertugas di wilayah Papua yang medannya dikenal ekstrem dengan banyak gunung tinggi, berangin kencang, sering diselimuti kabut, cuacanya sering berubah.

Ia mengatakan kecelakaan pesawat di Papua salah satunya terjadi karena kondisi cuaca ekstrem yang berubah sewaktu-waktu.

“Banyak insiden penerbangan di Papua itu karena pengaruh iklim, cuaca dan alam Papua. Banyak kejadian di Papua ini disebabkan oleh faktor cuaca dan alam,” jelasnya.

Pilot pesawat maskapai Trigana Air Service, Winner Sormin, juga menyebut Parhat sebagai pilot andal yang sudah menguasai medan penerbangan di Papua.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mimika John Rettob juga mengatakan bahwa Parhat adalah pilot sudah sangat memahami seluk-beluk penerbangan di wilayah Papua.

“Di Papua ini siapa yang tidak mengenal Pilot Parhat. Orang katakan, Pilot Parhat itu pilot gunung yang sangat mengerti penerbangan di wilayah Papua. Terbang di wilayah Papua itu tidak mudah. Pilot harus mengenal medan Papua, anginnya, cuacanya dan lainnya,” katanya.

John mengaku mengenal Parhat dengan baik. “Orangnya familiar, suka membantu orang, terbang rajin, dia bersahabat dengan semua orang,” tutur John. (*/Rf)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close