DomestikHighlight

Kemenhub Luncurkan Izin Slot Penerbangan Online

Guna mempermudah pelayanan kepada maskapai penerbangan sehingga lebih egektif dan efisien, Kementerian Perhubungan meluncurkan izin slot rute angkutan udara secara online.

Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan mengatakan, perizinan online ini diluncurkan agar pelayanan kepada maskapai penerbangan menjadi efektif dan efisien. “Lebih transparan juga,” katanya.

Seiering peluncuran perizinan online ini ditandai juga dengan dibubarkannya Indonesia Slot Coordinator (IDSC) yang selama ini menjadi lembaga pengatur slot time penerbangan. Seperti yang dilansir tempo.co.id peran pengatur slot itu kini digantikan Indonesia Airport Slot Time Management (IASM).

IASM tersebut, menurut Bambang, dikelola tiga Badan Usaha Milik Negara yakni Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Airnav Indonesia), PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II serta di bawah pengawasan langsung Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

“Pengaturan slot time yang sebelumnya secara manual sekarang seluruhnya bisa diajukan secara online menggunakan sistem berbasis situs yang terintegerasi dan berstandar internasional,” ujar Bambang. Manajemen slot time ini juga memakai aplikasi yang telah digunakan di 350 bandara internasional di 34 negara. (*/Fjn)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close