DomestikHot NewsNews

KERETA API BANDARA MINANGKABAU DIGUNAKAN UNTUK BERWISATA

KA BANDARA MINANGKABAU DIGUNAKAN UNTUK BERWISATA

Infopenerbangan,- Masyarakat Kota Padang memanfaatkan Kereta Api (KA) Minangkabau Ekspres untuk berwisata. Padahal, KA yang baru saja diresmikan Presiden Jokowi pada Mei 2018 tersebut diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin mengakses Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dari Stasiun Simpang Haru, Kota Padang.

Kepala Stasiun Padang, Afrizal, menjelaskan bahwa banyaknya masyarakat yang memanfaatkan KA Minangkabau Ekspres untuk sekadar ‘jalan-jalan’ terlihat di Stasiun BIM. Sebagian penumpang kereta terlihat langsung mengantre untuk membeli tiket kembali ke Kota Padang, begitu mereka turun di Stasiun BIM. “Jadi memang sebagian dari penumpang kami adalah warga yang ingin berwisata. Namun tentu ada yang memang akan melakukan perjalanan dengan pesawat.” Kata Afrizal, Senin (17/6).

MEMANFAATKAN KA BANDARA UNTUK BERWISATA

Salah satu penumpang KA Minangkabau Ekspres, Andi (33 tahun), adalah salah satu penumpang yang memanfaatkan KA bandara ketiga di Indonesia tersebut untuk berwisata. Ia mengaku membawa keluarganya, termasuk istri dan anaknya, untuk menjajal perjalanan menuju BIM dengan kereta.

Menurutnya, cara ini merupakan wisata versi murah untuk bisa menyenangkan keluarga.

“Saat hari biasa memang saya beberapa kali memanfaatkan KA bandara untuk pekerjaan. Namun kali ini saya ingin jalan-jalan saja bersama anak. Mumpung masih libur Lebaran,” ujar Andi.

Seperti yang terlansir dalam laman republika.co.id, KA Minangkabau Ekspres memang baru beroperasi untuk 5 kali perjalanan pulang-pergi dalam satu hari. Titik keberangkatannya yakni Stasiun Simpang Haru dan berhenti di Stasiun Tabing, Stasiun Duku, dan tiba di Stasiun BIM. Rute sebaliknya pun sama.

KERETA API BANDARA MINANGKABAU DIGUNAKAN UNTUK BERWISATA
Sumber : Railway Enthusiast Digest

Menurut catatan PT KAI Divre II Sumatera Barat, jumlah penumpang yang melakukan perjalanan dari Kota Padang menuju BIM di Padang Pariaman menggunakan KA Minangkabau Ekspres mengalami peningkatan hingga 1.200 persen. Bila hari biasa satu kali perjalanan hanya mengangkut sekitar 30 orang, pada libur Lebaran kali ini KA Minangkabau bisa mengangkut lebih dari 390 orang dengan kapasitas penuh. Artinya, ada peningkatan jumlah penumpang hingga 13 kali lipat dibanding hari biasa.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker