DomestikHighlightHot NewsNews

Kesibukan Penerbangan Bandar Udara Sentani Mencapai 200 Penerbangan Perhari

Infopenerbangan.com, Sentani, Selama kurun waktu 7 bulan berjalan di tahun2016, Bandar Udara Sentani tercatat sebanyak 180 – 200 kali take off (lepas landas) dan landing (pendaratan). Agus Prijanto selaku Kepala Bandar Udara Sentani menjelaskan, waktu jam operasional Bandar Udara Sentani sehari selama 11 jam. Maka dari 180 – 200 penerbangan dihitung jumlah rata-rata mencapai 18 – 19 penerbangan per-jam.

Kapasitas Bandar Udara Sentani di koridor 85 yang masih bisa dimanfaatkan masih ada space 10 – 15 %. Karena cuaca di Papua tidak menentu, banyak penerbangan yang melakukan kegiatannya di pagi hari. Kepadatan penumpang di pagi hari karena pagi hari ada round time atau golden time yang digunakan oleh Airline maupun pesawat kecil atau perintis milik misionaris. Untuk penerbangan pesawat yang berbadan lebar atau kapasitas lebih dari 30 penumpang, kesibukannyadiatas pukul 12 siang sebagai round time. Jumlah rata-rata penumpang perhari berkisar 2.000 – 3.000 penumpang.
Untuk jalur taksi saat ini hanya ada di bagian Utara, diharapkan pada bagian Selatan segera dibangun jalur taksi. Program jangka panjangnya diharapkan adanya pembangunan landasan pacu baru karena di sisi lahan Landasan Udara Jayapura masih ada lahan kosong seluas 280 ha.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close