Ragam

KETIKA HARUS TRANSIT DAN TRANSFER DALAM PENERBANGAN

TRANSIT DAN TRANSFER DALAM PENERBANGAN

Infopenerbangan,- Saat Anda hendak ke suatu tujuan dengan menggunakan pesawat udara, tentu langkah ini cukup efisien karena Anda bisa tiba ditujuan dalam waktu yang cepat. Namun apa jadinya jika Anda harus transit atau transfer di suatu bandar udara? Terpaksa Anda harus menunggu dan memakan waktu cukup lama untuk tiba dikota tujuan.

Guna menegakkan faktor keamanan dan keselamatan penerbangan sekaligus meningkatkan pelayanan, Pemerintah telah mengeluarkan Surat Edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Udara No. SE/02/I/2010 tertanggal 21 Januari 2010 tentang Prosedur Keamanan Penumpang Transit dan Transfer.

Transit dalam istilah penerbangan itu maksudnya turun dari pesawat menuju ruang tunggu bandar udara untuk beberapa saat, kemudian melanjutkan penerbangan dengan pesawat yang sama. Sedangkan transfer pada dasarnya sama, namun berganti dengan pesawat lain dalam satu maskapai atau beda maskapai.

Agar perjalanan udara tetap menyenangkan, perhatikan kiat-kiat berikut:

1. Saat beli tiket pesawat

Pada saat membeli tiket, perhatikan dengan jelas status penerbangannya, langsung atau transit terlebih dahulu. Jika harus transit, dan Anda baru pertama kali mengalaminya, cari info sebanyak-banyaknya mengenai prosedur transit agar Anda tidak keliru.

2. Perhatikan koneksi penerbangan

Saat tiba di bandar udara, pastikan penerbangan lanjutan Anda sesuai yang tertera dalam boarding pass. Anda tetap harus memperhatikan waktu perbangan selanjutnya. Selain itu, mintalah keterangan pasti apakah penerbangan tersebut masih on schedule atau ada keterlambatan (delay).

3. Ganti Terminal

Jika harus pindah terminal, maka segera cari tahu petunjuk ke terminal lanjutan penerbangan Anda, begitu juga letak pintu keberangkatannya. Apabila maskapai pilihan Anda menyediakan bus, maka ikutilah. Jika tidak disediakan, maka keluarlah melalui pintu kedatangan dan lanjut menggunakan shuttle bandar udara (jika ada).

4. Perhatikan barang bawaan

Saat barang bawaan Anda harus diletakkan dibagasi pesawat, maka berilah tanda pengenal dengan jelas, pastikan barang telah terkunci dengan aman dan minta label kepada petugas check in sesuai dengan tujuan akhir perjalanan Anda.

5. Ikuti petunjuk awak kabin

Saat pesawat telah mendarat, biasanya pramugari atau pramugara yang bertugas akan mengumumkan, penumpang yang akan melanjutkan penerbangan agar turun dan melapor ke petugas check in atau tetap tinggal di pesawat. Biasanya jika harus tinggal di pesawat, maka petugas darat akan memeriksa kabin beserta barang bawa Anda.

6. Segera lapor

Segera melapor ke petugas transit atau transfer bahwa Anda akan melanjutkan penerbangan, tunjukkan pula boarding pass Anda dan jangan sampai tertinggal.

 7. Perhatikan nomor penerbangan dan jadwal

Nama maskapai, nomor penerbangan dan jadwal keberangkatan harus Anda ingat. Jangan ragu untuk bertanya kepada petugas bandar udara jika kebingungan. Pastikan Anda telah berada dipintu keberangkatan (boarding gate) yang sesuai dengan boarding pass agar tidak tertukar pesawat.

8. Tetap patuhi aturan

Apabila transit di suatu bandar udara, maka Anda wajib mematuhi ketentuan untuk diperiksa ketika akan kembali ke daerah steril seperti halnya calon penumpang nontransit lainnya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker